Kecepatan Halaman Blog Dapat Meningkatkan Peringkat SERP Google di Mobile

Google akan membuat kecepatan halaman menjadi salah satu faktor penilaian peringkat dalam pencarian mesin pencari di mobile/HP, mulai bulan Juli 2018.

Dijelaskan dalam postingan blog webmaster Google terbaru, Google mengumumkan perubahan signifikan dalam cara memberikan penempatan peringkat situs untuk penelusuran mobile. Sekarang Google akan mempertimbangkan kecepatan halaman sebagai salah satu sinyal peringkat.

Perubahan yang Google maksudkan sebagai "Update Kecepatan", akan mulai berlaku pada bulan Juli 2018, dan akan menurunkan situs website atau blog yang memiliki loading sangat lambat saat diakses.

Kecepatan akan menentukan urutan hasil pencarian, perubahannya tidak begitu drastis sehingga bukan menjadikan satu-satunya faktor SEO. Dan masih ada kelonggaran aturan dimana halaman yang loadingnya lambat tetap dapat berada di posisi tertinggi, dengan syarat: "Postingan tersebut memiliki konten yang paling relevan terkait dengan kueri penelusuran yang dicari pengguna".

Saya rasa ini merupakan penegasan dengan adanya Algoritma Mobilegeddon atau Mobile Friendly.

Bagaimana dengan pemilik situs yang menerapkan template AMP?


Template AMP memang cepat, namun ketika cek di Pagespeed Insights javascript AMP mengalami sedikit masalah hingga tidak bisa mendapatkan nilai 100 atau sempurna.

Dan tidak bisa saya pungkiri bahwa Pagespeed Insights hanya sebuah "mesin" (buatan manusia tidak pernah sempurna) yang membantu dalam optimasi template, bukan menjadi patokan utama. Selama situs masih cepat dibuka di gadget manapun, maka kecil kemungkinan menerima efek dari update aturan baru ini. Ditambah dengan adanya kelonggaran aturan konten yang relevan.


Berapa patokan maksimal waktu (detik) yang dimaksud oleh Google?


Saya juga tidak tahu akan hal ini, apakah 3, 4, 5, dan seterusnya, karena dalam postingan blog webmaster Google tidak menyebutkannya. Jadi, pokoknya harus cepat!


Situs saya masih lemot, santai dahulu karena masih lama


Walau Google akan memulainya pada bulan Juli, tentu alangkah baiknya jika perbaikan dimulai dari sekarang. Alasannya, karena saya rasa efek ini sudah mulai terasa bahkan dari akhir tahun kemarin (2017). Daripada besok-besok kelabakan alias keburu-buru, jadi silakan mulai perbaiki sekarang, entah: gambar, script, dan semuanya yang membuat loading situs menjadi lambat.

Informasi ini memang sengaja tidak saya publikasikan disaat pengumuman, karena saya perlu data dan kepastian untuk melengkapi postingan ini.

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more