Tips Cara Merawat Printer Yang Baik

Tips Cara Merawat Printer Yang Baik - Printer adalah salah satu hardware yang tidak dapat dipisahkan oleh komputer. Dan sekarang pun harga printer, khususnya printer inkjet itu lebih murah jika kita bandingkan dengan harga catridge tintanya sendiri, lebih baik kita harus menjaga keawetannya supaya hasilnya pun tetap terjaga kualitasnya.

Namun banyak orang yang tidak tau cara menjaga dan merawat printer yang baik. Tapi kali ini kami akan memberitahu caranya dalam merawat printer Anda. Jika Anda ingin tau caranya mari kita simak dibawah ini tips cara merawat printer yang baik.

1. Gunakan printer secara berkala

Banyak pengguna printer terutama milik pribadi yang tidak mengetahui hal ini, saya sendiri sering mendapat keluhan dari teman yang mendapati hasil cetakan printer kurang bagus padahal printernya tidak pernah dipakai. Mereka tidak menyadari kalau Printer yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan tersumbatnya aliran tinta pada nozle kerena kering sehingga kualitas cetakan kurang bagus. Untuk menjaga printer tetap awet dengan kualitas cetakan yang bagus, gunakanlah printer untuk mencetak dokumen hitam dan berwarna 1-2 lembar secara periodik 2-3 kali dalam seminggu. Apabila catridge tinta telah kosong segeralah isi tintanya.

2. Bersihkan printer dari kotoran

Menjaga kebersihan di luar dan di dalam printer merupakan langkah yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga printer selalu awet. Kami pernah mendapati printer yang tidak bisa ngeprint dengan indikator paper jammed, setelah dicek ternyata terdapat sisa kertas yang mengganjal pada bagian sensor kertas. Terutama apabila printer yang kita gunakan merupakan jenis dot matrik, dimana kertas yang digunakan adalah jenis continuous yang meninggalkan sisa-sisa kertas ketika selesai aktivitas print. Jika ada gunakanlah vacum cleaner kecil untuk menarik debu dan kotoran dari dalam printer.

3. Berilah pelumas

Sesekali setelah dibersihkan berilah pelumas/gemuk pada bagian poros tempat head printer atau catridge agar dapat bergerak dengan lancar. Dengan lancarnya pergerakan head printer catridge, diharapkan dapat menjaga kondisinya tetap baik.

4. Hati-hati mengganti isi catridge tinta

Hati-hati adalah hal utama setiap melakukan sesuatu, tak terkecuali dalam merawat printer Anda. Salah satunya adalah ketika kita hendak mengganti isi tinta catridge. Karena dicatridge terdapat titik-titik conduktor penghubung aliran listrik.

Biasanya setelah dibuka cover bagian atas, catridge akan bergerak dan diam di tengah. Dalam kondisi tersebut kita bisa mengganti isi tinta catridge dengan yang baru. Pastikan posisinya sudah terpasang dengan benar, kemudian cover ditutup kembali.

5. Gunakan Diagnostic Tools

Apabila terdapat masalah pada hasil cetakan, Anda dapat mengunakan tool diagnostic yang terdapat dalam aplikasi maintenance printer. Jalankan perintah, seperti: cleaning nozzle, print head alignment, roller cleaning, dan lain-lain sebagai salah satu cara dalam me-maintenace atau merawat printer Anda.

6. Saat terjadi Paper Jammed

Kondisi paper jammed (kertas macet) adalah hal yang dapat merusak sistem mekanik printer. Jika Anda mendapati kejadian paper jammed lakukan hal sebagai berikut:
  • Matikan Printer dengan mencabut kabel power.
  • Cabut kertas yang macet secara hati-hati. Jika hendak mencabut kertas tariklah kertas searah dengan arah keluar kertas. Misalnya untuk printer merk Canon tipe 1980 dimana kertas dimasukkan dari atas, maka tariklah kertas dari bawah.
NB: Jangan matikan printer dengan mencabut kabel power apabila tidak terpaksa. Matikan printer dengan menekan tombol OFF. Untuk mencegah paper jammed gunakan kertas yang tidak lusuh/lecek.

7. Gunakanlah Tinta yang Asli

Harga catridge yang asli memang lebih mahal jika dibandingkan dengan kemasan refill. Tetapi apabila printer yang Anda gunakan tidaklah murah dan ingin mendapatkan kualitas cetakan yang maskimal, merupakan hal yang lebih baik selalu menggunakan tinta yang original/asli.

8. Bersihkan Tempat Pembuangan Limbah Tinta

Untuk printer yang sering digunakan, sesekali periksalah kodisi tempat penampungan limbah (waste ink tank) yang terdapat di dalam printer. Jaga jangan sampai luber/meluap agar tidak mengotori printer Anda. Jika perlu mintalah bantuan teman Anda yang mengerti cara membersihkan tinta yang terdapat dalam waste ink tank printer.

Sekian dari kami dalam menyampaikan tips cara merawat printer. Jika Anda memiliki cara yang berbeda atau tambahan, silakan komentar. Semoga bermanfaat!

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more