10 Strategi Pemasaran eCommerce Terbaik di Tahun 2022

Di tahun 2022 dan eCommerce lebih populer dari sebelumnya. Menurut sebuah studi oleh Statista, penjualan eCommerce ritel global akan mencapai $4,88 triliun tahun ini. Artinya akan banyak uang pendapatan! Jika Anda seorang penjual online, penting untuk tetap berada di depan kurva dan mengadopsi strategi pemasaran terbaru. Di sini, kami akan membahas strategi pemasaran eCommerce terbaik dari atas ke bawah yang akan sukses pada tahun 2022. Baca lebih lanjut beberapa kiat mutakhir yang akan membantu bisnis Anda.

10 Strategi Pemasaran eCommerce Terbaik di Tahun 2022


Menurut Wikipedia, pengertian eCommerce atau perdagangan elektronik adalah adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya.

Ketika Anda memikirkan strategi pemasaran eCommerce, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Berikut adalah sepuluh strategi pemasaran eCommerce teratas yang dapat Anda gunakan:

1. Pemasaran di Media Sosial

Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat membantu Anda menjangkau jutaan pelanggan potensial sekaligus. Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda dengan menggunakan media sosial. Yang terbaik adalah membuat profil baru di Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan lain-lain, serta membagikan pembaruan produk terbaru dan informasi berguna tentang industri Anda. Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar untuk menjangkau lebih banyak orang dalam waktu yang lebih singkat.

Ada banyak strategi pemasaran eCommerce yang berbeda di luar sana, tetapi satu yang menurut saya sangat efektif adalah menggunakan layanan pertumbuhan Instagram. Dengan layanan pertumbuhan Instagram, Anda bisa mendapatkan pengikut nyata dan tertarget yang tertarik dengan apa yang Anda jual. Manfaatkan pengikut Instagram untuk mendapatkan lebih banyak eksposur pada merek Anda. Dan setelah itu, data analitik perilaku dapat digunakan untuk melacak dan menganalisis perilaku pelanggan untuk memahami lebih baik bagaimana mereka berinteraksi dengan toko eCommerce Anda.

2. Pemasaran Konten

Konten adalah salah satu bagian terpenting dari setiap strategi pemasaran online. Cara ini membantu merek bisnis Anda dan membangun otoritas di industri Anda sehingga target audiens mulai lebih mempercayai Anda. Bergantung pada jenis konten yang paling sesuai dengan audiens Anda, Anda dapat menggunakan berbagai jenis konten, seperti artikel blog, video, infografis, dan sebagainya. Fokus utama di sini adalah memberikan nilai kepada pembaca Anda dan bukan hanya mempromosikan produk atau layanan saja.

3. Optimasi Mesin Pencari

Jika Anda ingin orang menemukan toko online Anda dengan mudah, Anda perlu berinvestasi dalam pengoptimalan mesin pencari (SEO). Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda agar muncul lebih baik di halaman hasil pencarian (SERP) untuk kata kunci yang relevan. Banyak faktor berbeda yang terlibat dalam teknik SEO, seperti penelitian kata kunci, pengoptimalan halaman, pembuatan tautan, dan lain-lain. Anda dapat melakukannya sendiri atau menyewa jasa SEO untuk membantu Anda.

4. Pemasaran Email

Pemasaran email adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda secara online. Strategi ini memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda dan membangun hubungan jangka panjang. Anda dapat menggunakan pemasaran email untuk mengirimkan buletin, penawaran khusus, pembaruan produk, dan lain-lain. Pastikan Anda tidak mengirim terlalu banyak email ke pelanggan Anda, karena ini hanya akan membuat mereka berhenti berlangganan dari daftar Anda karena menganggap SPAM.

5. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah cara lain yang populer untuk menghasilkan uang secara online. Dalam jenis pemasaran ini, Anda mempromosikan produk atau layanan orang lain dengan imbalan komisi untuk setiap penjualan yang Anda hasilkan. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi Anda harus berhati-hati karena beberapa program afiliasi bisa jadi SCAM/Penipuan. Ada banyak jaringan afiliasi terkemuka yang dapat Anda ikuti, seperti Accesstrade, Commission Junction, dan lain-lain.

6. Pemasaran Seluler

Pemasaran seluler adalah jenis pemasaran online yang secara khusus menargetkan pengguna seluler. Ini dapat dilakukan melalui pemasaran SMS, pemasaran MMS, pemasaran berbasis aplikasi, dan lain-lain. Penting untuk diingat bahwa pengguna seluler memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda dari pengguna desktop, jadi Anda perlu menyesuaikan kampanye pemasaran seluler Anda.

7. Manajemen Reputasi Online

Manajemen reputasi online (ORM) adalah jenis pemasaran online yang berfokus pada pengelolaan reputasi bisnis Anda secara online. Strategi ini dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti memantau apa yang orang katakan tentang bisnis Anda secara online, menanggapi ulasan negatif, dan lain-lain. ORM penting karena reputasi bisnis Anda dapat secara signifikan memengaruhi keberhasilan atau kegagalannya.

Anda juga dapat memanfaatkan Google Maps dan aplikasi review lainnya dalam mengetahui komentar, rating, dan jejak pendapat bisnis Anda.

8. Gunakan Influencer

Pemasaran influencer adalah jenis pemasaran online di mana Anda bermitra dengan influencer media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Strategi ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan potensial yang memercayai pendapat influencer yang mereka ikuti. Pastikan Anda memilih influencer yang relevan dengan audiens target Anda dan yang nilainya selaras dengan merek Anda. Untuk tujuan ini, Anda dapat menghubungi mereka melalui agen dan media sosial.

9. Tinjau Ulasan Produk

Ulasan produk adalah salah satu alat paling ampuh yang Anda miliki untuk meningkatkan penjualan. Konsumen mempercayai mereka dan menggunakannya untuk membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Dengan mendorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan setelah mereka melakukan pembelian, Anda akan dapat membangun kumpulan umpan balik yang autentik dan tepercaya yang akan membantu pelanggan di masa mendatang memutuskan apakah akan membeli dari Anda atau tidak.

10. Buat Program Hadiah

Penting untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia agar mereka membeli produk Anda secara berulang. Dengan program hadiah eCommerce, Anda dapat menawarkan program insentif seperti diskon dan pengiriman gratis kepada pelanggan yang mendaftarkan akun di situs web Anda. Salah satu cara terbaik untuk menyimpan data ini adalah menggunakan ekstensi Loyalitas Pelanggan milik Magento. Memungkinkan Anda untuk membuat program loyalitas pelanggan yang memberikan penghargaan, diskon, dan promosi khusus untuk pelanggan yang kembali. Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan MailChimp untuk mengirimkan email yang dipersonalisasi ke setiap pelanggan dengan menyertakan informasi hadiah unik mereka.

Kesimpulan


Ini hanyalah beberapa dari banyak jenis pemasaran online yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Ingatlah untuk memilih strategi yang tepat untuk bisnis Anda dan jangan mengirim SPAM kepada orang-orang dengan terlalu banyak materi promosi. Jika Anda melakukannya dengan benar, pemasaran online dapat menjadi cara yang tepat untuk menjangkau pelanggan potensial dan mengembangkan bisnis Anda.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more