Cara Membuat Database Sederhana Dengan Macro Excel

Kesempatan kali ini saya akan mengulas seputar excel dan kebetulan karena musim ujian SMA jadi sekalian memposting aplikasi absensi yang dapat kalian gunakan untuk ujian praktek di tempat mengajar (sekolah) dalam bentuk database excel dengan menggunakan macro.

Langsung saja karena berhubung sibuk nih :)

Berikut langkah-langkah cara membuat Database Sederhana Dengan Macro Excel


1. Buka MS.Excel, kemudian buatlah daftar absensi seperti gambar dibawah ini selanjutnya tutup dan simpan dengan nama database.xlsx:


2. Langkah selanjutnya buka lembar kerja baru kemudian buat daftar untuk dijadikan lembar input data siswa seperti gambar berikut, kemudian buat rumus =D7 pada tabel bagian bawah. perhatikan gambar berikut :

kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :


3. Selanjutnya klik Record Macro pada pojok kiri bawah, kemudian beri nama macro name inputdatakemudian klik OK. Di sini proses rekam oleh macro. perhatikan gambar berikut :


4. Dalam keadaan proses merekam oleh macro blog tabel yang bernilai nol kemudian copy dan pastekan pada file database.xlsx yang dibuat tadi dengan cara buka office button kemudian open file. Perhatikan gambar berikut :

Selanjutnya blok pada sel B7 sampai sel E7 kemudian klik kanan pilih Paste special pilih Values, perhatikan gambar berikut :

Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut.


5. Masih pada file database.xlsx. kemudian tambahkan baris pada bagian atas pada baris yang bernilai nol perhatikan gambar berikut :

Dan hasilnya seperti gambar berikut :


6. Langkah selanjutnya tutup database.xlsx. Kemudian masuk ke form input data dilanjutkan klik Record Macro untuk berhenti merekam. Lalu, buat tombol save dengan menambahkan shape kemudian beri tulisan save dan klik kanan dan pilih Assign Macrokemudian pilih inputdata lihat gambar berikut :


7. Langkah selanjutnya adalah membuat tombol view dimana berfungsi untuk melihat data yang telah diinput dengan cara yang hampir sama dengan cara di atas. Klik Record Macro kemudian beri nama lihat database >> klik OK >> office button >> pilih open file dan arahkan pada file database.xlsx >> klik Record Macro untuk menghentikan proses merekam.

8. Proses selanjutnya adalah buat tombol dari shape dan beri nama tombol tersebut dengan nama lihat kemudian lakukan hal yang sama dengan point ke 6.

Ribet juga ya buat mengikuti langkah-langkahnya yang panjang. Tapi, setidaknya kalian mau mencoba dan bisa menerapkannya saya sangat senang sekali.

Open Comments Close
*via mobile, like dahulu untuk melihat komentar

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more