Seberapa Handal Skor di Web.dev SEO Google?

Alat Web.dev Google adalah alat baru gratis untuk menilai skor SEO dan masih versi beta. Skor ini menampilkan rentang skor dari 0 hingga 100. Apa saja yang diukur alat ini untuk metrik SEO dan seberapa bergunanya?

Apa itu SEO?


Apa yang kalian harapkan dari skor SEO? Itu tergantung pada bagaimana kalian mendefinisikan SEO.

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik peningkatan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs website/blog supaya berada di halaman pertama mesin pencari secara organik dengan kata kunci tertentu. Tepatnya, trik/cara membuat situs menjadi relevan dan berguna bagi pengguna serta mesin pencari.

Bagaimana Google Menentukan SEO?


Panduan Pemula SEO Google mendefinisikan SEO sebagai berikut:
“Pengoptimalan Mesin Pencari adalah tentang membantu mesin pencari memahami dan menyajikan konten.”
Memahami konten berarti menulis konten dengan cara yang jelas dan terfokus. Ini mungkin juga termasuk menambahkan gambar, data terstruktur, dan meta data yang membantu mesin pencari memahami semua yang tersaji di dalam halaman situs.

Situs Web.dev Google mendefinisikan SEO sebagai berikut:
“Membuat konten mudah ditemukan di halaman pertama adalah cara mendapatkan lebih banyak lalu lintas pengguna yang relevan untuk melihat konten situs.

Dengan memastikan mesin pencari dapat menemukan dan secara otomatis memahami konten situs, sehingga meningkatkan visibilitas situs untuk pencarian yang relevan.

Ini disebut SEO, atau pengoptimalan mesin pencari, yang dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas pengguna untuk tertarik datang ke situs. Audit situs dan periksa hasil SEO untuk melihat seberapa baik mesin pencari dapat memunculkan konten situs di halaman pencarian."

Apa yang Dimaksud dengan Pengukuran Skor Web.dev?


Web.dev didasarkan pada ekstensi Google Lighthouse Chrome. Menurut laman Lighthouse resmi ada sembilan faktor yang digunakan Google untuk membuat skor SEO:
  1. Dokumen Tidak Memiliki Deskripsi Meta
  2. Dokumen Tidak Memiliki Elemen Judul
  3. Dokumen tidak memiliki hreflang yang valid
  4. Dokumen tidak memiliki rel = canonical yang valid
  5. Dokumen Tidak Menggunakan Ukuran Font Yang Dapat Dibaca
  6. Dokumen menggunakan plugin (Flash)
  7. Tautan Tidak Memiliki Teks Deskriptif
  8. Halaman memiliki kode status HTTP yang tidak berhasil
  9. Halaman diblokir dari pengindeksan

Apa Maksud dari Skor Web.dev SEO?


Menurut Web.dev, skor SEO Google adalah ukuran seberapa baik mesin pencari dapat "memunculkan" konten.

Itu artinya angka dari skor tersebut dapat membantu kalian untuk membentuk situs yang berguna dan kaya referensi, sehingga mesin pencari mudah menemukan situs dan dapat menempatkan konten situs ke posisi pertama pada halaman mesin pencarian.

Situs Web.dev tidak mereferensikan SEO dalam konteks peringkat. Walaupun skor SEO situs ada di skor 100, tidak menjamin berada di halaman pertama. Saya percaya bahwa ini adalah pembiaran yang disengaja oleh pihak Google.

Skor SEO bukan merupakan indikator seberapa besar kemungkinan suatu halaman akan mendapat peringkat pertama. SEO di sini merujuk pada konteks supaya konten mudah dimengerti dan ditemukan.

Penutup


Peringkat dan lalu lintas adalah dua kualitas asosiasi industri SEO. Web.dev tidak menawarkan wawasan ke dalam faktor-faktor tersebut. Mungkin lebih akurat jika skor SEO Web.dev Google diubah namanya menjadi Indeks atau Skor Keterjangkauan.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more