Cermat Memilih Asuransi Mobil

Asuransi mobil yang bagus mutlak harus dimiliki karena kendaraan roda empat ini tergolong asset penting yang resiko finansialnya juga perlu diantisipasi. Di jaman sekarang ini memang semakin banyak saja orang yang memiliki mobil karena tak sulit lagi untuk membelinya. Dengan cicilan tiap bulan yang dapat dikondisikan dengan pendapatan plus DP dengan besaran rata-rata 20%, orang tak ragu lagi memilih mobil demi kenyamanan mobilitas sehari-hari. Bagi Anda yang sudah atau memutuskan untuk membeli mobil dalam waktu dekat ini, sebaiknya juga mulai berburu asuransi mobil yang terbaik untuk Anda.

Mengapa mobil perlu diasuransikan?


Semakin mudahnya membeli mobil dan motor tentu membuat jalan raya semakin padat kendaraan dan tentu saja tidak semua orang adalah pengemudi yang handal. Artinya resiko saat berkendara juga semakin besar. Inilah alasannya mobil kesayangan Anda membutuhkan asuransi. Jadi jangan lagi menganggapnya remeh, ya.

Asuransi akan terasa sangat berguna bila terjadi resiko yang tak dikehendaki pada kendaraan Anda, misalnya: akibat kecelakaan, kerusuhan, terorisme, tindak criminal pencurian, bencana alam, sampai perusakan oleh pihak ketiga atau menjadi korban vandalisme. Bila terjadi kondisi tersebut asuransi akan mengganti berbagai kerusakan akibat risiko-risiko tersebut atau yang termasuk dalam plafon Anda.

Secara tidak langsung asuransi kendaraan juga akan membuat Anda lebih tenang karena keuangan Anda terlindungi. Alih-alih harus mengeluarkan dana yang besar untuk memperbaiki mobil Anda yang rusak, asuransilah yang akan membayar biaya perbaikan atau penggantian yang diperlukan.

Tipe-tipe asuransi kendaraan yang penting untuk diketahui


Sebelum memilih perusahaan asuransi yang terbaik dan terpercaya untuk mobil kesayangan, sebelumnya Anda perlu menambah wawasan terlebih dahulu tentang tipe asuransi mobil. Simak ulasannya.

1. TLO (Total Lost Only)

Pada jenis asuransi yang pertama ini baru berlaku bila kerusakan kendaraan mulai 75% atau lebih. Jadi bila terjadi kerusakan ringan saja Anda tidak dapat melakukan klaim untuk menuntut pergantian atau perbaikan kendaraan. Alasan mengapa klaim baru dapat dilakukan bila kerusakan lebih dari 75% adalah mobil tak bisa lagi digunakan pada kondisi tersebut. Inilah tipe asuransi yang cocok bagi Anda yang memilih premi pembayaran rendah.

2. All risk

Bila menurut Anda kendaraan kesayangan sangat berharga, Anda direkomendasikan memilih asuransi bertipe all risk karena pemilik berhak mendapatkan perlindungan secara total. Artinya Anda berhak memperoleh penggantian pada resiko apa saja, baik kerusakan yang tergolong ringan apalagi yang besar. Dengan asuransi tersebut Anda bahkan dapat mengajukan klaim bila mobil lecet atau tergores sedikit saja. Dengan fasilitas perlindungan yang menyeluruh tentu saja pembayaran premi asuransi tipe all risk lebih besar dibandingkan Total Lost Only (TOL).

Panduan memilih asuransi mobil untuk melindungi kendaraan kesayangan



Inilah beberapa hal yang dapat membantu dalam memilih asuransi kendaraan untuk mengantisipasi berbagai resiko untuk mobil Anda.

1. Memahami kondisi kendaraan serta jalan

Saat memutuskan untuk mengasuransikan mobil Anda adalah memahami kondisi kedaraan yang Anda miliki tersebut termasuk jalan yang dilalui sehari-hari. Langkah pertama ini akan membantu Anda menentukan jenis asuransi yang paling sesuai untuk mobil kesayangan. Tentu saja kebutuhan kendaraan keluaran baru dengan keluaran lama, atau mobil second yang bekas pakai tidak akan sama.

2. Kredibilitas perusahaan

Berikutnya adalah mencermati kredibilitas perusahaan asuransi untuk mendapatkan produk terbaik. Untuk itu Anda bisa memperhatikan reputasi perusahaan incaran Anda di mata masyarakat. Jangan enggan untuk melakukan survey kecil, misalnya dengan bertanya langsung pada rekan atau saudara yang sudah pernah menggunakan suatu produk asuransi atau dengan browsing di internet. Bila memang banyak complain dari para pengguna sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk bermitra dengan perusahaan asuransi yang lain.

3. Menyesuaikan premi dengan kemampuan

Inilah salah satu point penting yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan mengenai produk asuransi yang hendak Anda pilih. Tentu saja Anda tidak akan bersedia menunggak biaya premi asuransi gara-gara masalah keuangan di tengah-tengah periode nantinya. Resiko bila terjadi kondisi tersebut tentunya konsumen tak bisa merasakan manfaat asuransi secara optimal. Sudah semakin mudah untuk menemukan perusahaan asuranasi yang menyediakan premi terjangkau serta murah dan sesuai dengan pengasilan Anda.

Rata-rata premi asuransi untuk tipe TLO adalah 0.8% hingga 1% dari harga total kendaraan. Sementara untuk tipe asuransi All Risk berkisar antara 2% hingga 3%. Dengan begitu Anda bisa memprediksi terlebih dahulu perkiraan biaya yang nantinya harus Anda keluarkan.

4. Bengkel rekanan

Saat terjadi resiko pada kendaraan Anda tentunya mobil harus masuk bengkel untuk diperbaiki atau dilakukan penggantian spare part-nya. Cermati pula kredibiltas serta service dari bengkel rekanan perusahaan asuransi incaran Anda. Selain mencari informasi tentang layanannya, perhatikan pula lokasi bengkel serta cabang-cabangnya apakah dapat Anda akses dengan mudah.

5. Fasilitas tambahan

Dalam memilih asuransi mobil perhatikan juga fasilitas tambahan yang disediakan oleh perusahaan. Fitur tambahan yang paling populer adalah Third Party Liability (TPL) yang menyediakan ganti rugi untuk pihak ketiga, service antar jemput kendaraan ke bengkel, mobil ambulans untuk kecelakaan lalu-lintas, hotline service, kendaraan derek, serta perbaikan langsung pada lokasi kendaraan Anda atau road side assistance.

Perhatikan ciri-ciri berikut ini untuk mendapatkan asuransi kendaraan yang terbaik bagi Anda:
  • OJK – Cara paling mudah untuk memeriksa kredibilitas asuransi kendaraan adalah mengeceknya pada situs resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Bila terdaftar pada OJK Anda tak perlu khawatir akan legalitas perusahaan tersebut.
  • Klaim – Perusahaan asuransi yang baik tidak akan mempersulit user terkait klaim. Saat Anda mengincar sebuah asuransi dan telah memastikan terdaftar pada OJK, cobalah menghubungi pihak layanan pelanggan untuk mendapatkan informasi tata cara klaim termasuk berkas-berkas yang harus disiapkan.
  • Agen – Karakter agen adalah cerminan perusahaan, jadi perhatikan bagaimana agen berhubungan dengan calon mitranya sehingga Anda bisa menilai apakah perusahaan yang diwakilinya abal-abal atau tidak. Seorang agen seharusnya dapat menjadi perantara yang baik antara konsumen dan perusahaan serta tak melulu mengejar komisi. Pastikan Anda juga mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya dari agen terkait.
  • Perjanjian – Perusahaan asuransi yang kredibel pasti menyediakan perjanjian hitam di atas putih bagi nasabah dengan penjelasan point-point resiko yang dapat diklaim atau tidak oleh perusahaan.
  • Financial – Perusahaan asuransi atau yang berhubungan dengan keuangan lainnya harus mempunyai kelayakan financial yang diukur dengan Risk Based Capital dan tingkat solvabilitas.
  • Premi – Perlu diingat bahwa premi yang Anda bayar akan sepadan dengan nilai pertanggungan. Jadi jangan langsung tergiur dengan bujukan asuransi kendaraan berpremi murah.


Perusahaan asuransi mobil yang bagus dan dapat menjadi pilihan Anda adalah https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan. Nah, demikianlah informasi tentang asuransi mobil yang bagus dan penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang layak untuk Anda.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more