Cara Membangun Otoritas SEO Bisnis Lokal

Setiap tahun di komunitas SEO, diskusi tentang otoritas situs menjadi semakin lazim. Karena Google telah membuat lebih banyak pembaruan untuk algoritma inti, yang tampaknya menunjukkan peningkatan fokus pada otoritas dan relevansi.

Dan otoritas tentu mendapatkan pertimbangan yang lebih besar dalam penilaian SEO yang lebih bagus, karena telah menjadi faktor yang sangat penting bagi SEO lokal selama bertahun-tahun.

Masuk akal bahwa otoritas akan menjadi faktor utama, seorang pengguna yang mencari layanan lokal kemungkinan besar akan memilih merek yang memiliki reputasi kuat.

Kepercayaan sangat penting dalam bisnis apa pun agar mudah mengarahkan pelanggan untuk lebih sering berbelanja.

Jadi, bagaimana situs bisnis lokal membangun otoritas di komunitas atau di dalam niche mereka?

1. Membuat Konten yang Sangat Bermanfaat


Salah satu hal yang paling sering terdengar di komunitas SEO selama bertahun-tahun adalah ungkapan, "konten adalah raja / ratu".

Setiap kali seseorang mengatakan ini, kita akan mendengar seseorang menjawab dengan "Saya memposting postingan di blog X setiap seminggu, tetapi tidak mempengaruhi peringkat blog saya."

Alasannya sederhana, KUALITAS adalah mutlak.

Konten akan mendapatkan status "raja / ratu", ketika konten itu benar-benar memberikan nilai. Pengguna / pencari informasi berharap pertanyaan mereka dijawab saat melakukan pencarian dan mengeklik ke suatu situs yang relevan.

Dan Google tentu saja tidak akan memberikan peringkat pada situs hanya karena mengandung banyak basa-basi yang tidak relevan.

Membuat konten karena uang, susah untuk membantu siapa pun.

Relevansi adalah Kunci


Saat membuat konten untuk bisnis lokal, salah satu pendekatan terbaik adalah menentukan keunikan pada konten situs yang sesuai dengan tema produk kita.

Jika kita dapat mengidentifikasi peluang semacam itu, kita akan dapat menyediakan konten di situs yang akan bermanfaat bagi demografis target, yang dapat menyebabkan datangnya calon pembeli.

Misalnya, jika kita menulis konten untuk perusahaan jasa konstruksi di Jakarta, menulis tentang cara mendesain ruang bawah tanah dengan benar agar terhindar dari kerusakan fondasi adalah masuk akal.

Jenis konten ini akan membantu memecahkan masalah utama (dan sangat relevan) pelanggan, sambil menciptakan kesadaran terhadap merek kita, jika mereka membutuhkan perbaikan gedung atau bangunan.

Kuncinya adalah menjadi relevan dan benar-benar bermanfaat.

Jika Mungkin, Menjadi Sumber Daya Komunitas


Untuk beberapa bisnis lokal, seperti agen real estate, membuat konten yang memberi bantuan sesuai dengan area yang kita layani adalah cara yang bagus dalam membantu membangun otoritas untuk situs web bisnis. Ketika orang mengunjungi jenis situs ini, akan sangat membantu jika memiliki lebih banyak informasi dan spesifik lokasi.

Tentu, ini bukan strategi yang harus diimplementasikan oleh semua bisnis lokal di situs mereka. Saya sendiripun tidak mencari di situs web untuk mencari tukang potong rumput di area kecamatan saya pada akhir pekan, karena saya bisa memotong rumput sendiri dalam mengisi hari libur.

Saat membuat konten sumber daya lokal, penting untuk tetap menjaga niat dan relevansi, sehingga konten tidak menjadi hambar karena tanpa tujuan yang jelas.

2. Berpikir Berbeda Tentang Tautan Lokal


Tautan untuk situs lokal bekerja sedikit berbeda jika dibandingkan dengan situs perusahaan besar yang ingin menargetkan banyak demografi.

"Ada banyak tautan yang tidak memiliki otoritas domain tinggi namun juga efektif". Ketika saya mengatakan itu, saya tidak bermaksud bahwa kita harus berhenti melihat otoritas domain. Saya hanya menegaskan bahwa itu bukan satu-satunya metrik kualitas tautan, terutama mengenai tautan untuk situs lokal.

Selama bertahun-tahun, saya telah membaca postingan mengenai SEO lokal. Ketika mencari backlink ke situs lokal, kita perlu melakukan pendekatan gerilya. Karena itu telah menjadi bagian dari pendekatan saya selama beberapa tahun, dan itu benar-benar selaras dengan saya.

Saya selalu menjadi orang yang percaya dalam melihat relevansi situs dan nilai yang akan didapatnya. Misalnya, saat mendapatkan tautan dari situs dengan DA tinggi, pikirkan kekuatan mendapatkan sesuatu dari asosiasi lokal atau peluang menjadi sponsor pada situs yang diajak bekerja sama.

Bayangkanlah jika kita bisa mendapatkan tautan balik karena mensponsori bisnis kecil setempat yang sejenis dengan bisnis kita dan bisnis kecil itu juga memiliki situs.

Tautan itu tidak hanya akan membawa kekuatan relevansi lokal ke situs kita, tetapi kita juga mendapatkan manfaat menempatkan bisnis kita di depan pelanggan yang lebih berkualitas. Inilah alasan banyak sponsor melakukannya karena dapat memiliki tambahan materi pemasaran, dengan mendapat manfaat positif menjadi sponsor.

Dalam pengalaman saya di bidang SEO lokal selama beberapa tahun terakhir, jenis tautan ini jauh lebih memengaruhi bisnis lokal, terutama ketika dipasangkan dengan pondasi yang baik. Ini seperti mendapatkan sesuatu yang baik dalam dunia pemasaran di era digital melalui upaya membangun tautan untuk situs kita.

Cara ini memang termasuk SEO tradisional, namun tidak ada efek buruk yang diperoleh jika kita melakukannya dengan benar dan relevan.

Jadi, sebarkan sayap pemasaran tradisional ini dan dapatkan dampak positif sebanyak mungkin dari backlink.

3. Beri Penekanan pada Kualitas Ulasan


Selama beberapa tahun terakhir, ulasan pelanggan yang berkualitas menjadi semakin penting bagi keberhasilan bisnis lokal di dalam hasil pencarian.

Ketika seorang pelanggan meninggalkan ulasan bisnis yang terlihat publik, Google bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang pelanggan pikirkan tentang produk atau layanan kita.

Ini membantu membangun merek bisnis kita agar lebih cepat didongkrak otoritasnya, yang dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik di SERP.

Dan jangan pernah meremehkan nilai yang ditawarkan ulasan tersebut kepada calon pelanggan.

Sekarang, harap perhatikan penggunaan kata "kualitas".

Jika kita mulai membaca bagian ini dan segera mulai mencari cara terbaik untuk memainkan sistem dengan mendapatkan ulasan palsu, itu adalah jalan yang salah. Ulasan palsu adalah cara terbaik untuk membuat daftar Google My Business, akan tetapi akan ditandai menyebalkan oleh pelanggan jika ternyata produk tidak sesuai dengan ulasan.

Kualitas adalah kunci di sini.

Google ingin melihat berbagai ulasan untuk bisnis dan satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah dengan mendapatkan ulasan nyata dari pelanggan nyata.

Plus, ini akan memberi kita beberapa peluang untuk membangun otoritas di depan calon pelanggan di masa depan.

Sementara kita semua senang memiliki ulasan bintang lima tentang bisnis kita dengan ulasan palsu, maka itu tidak akan bekerja pada sebagian besar waktu. Pelanggan akan marah di beberapa titik dan meninggalkan ulasan negatif. Apa yang kita lihat dengan ulasan itu adalah kuncinya.

Luangkan waktu untuk menanggapi pelanggan dan mencoba membuat pengalaman mereka lebih baik. Respon ini juga dapat menunjukkan kepada pelanggan di masa depan bahwa kita peduli untuk meningkatkan kualitas bisnis kita dan bahkan mungkin membantu secara positif mempengaruhi keputusan pembelian mereka untuk bisnis kita.

Pastikan juga mengikuti pedoman untuk situs bisnis kita. Jika kita berupaya untuk mengarahkan lebih banyak ulasan ke bisnis kita, pastikan ulasan itu akan bertahan dan tidak ditandai karena melanggar pedoman.

Jadilah Pihak yang Selalu Dicari Pelanggan


Otoritas adalah kunci ketika datang ke SEO lokal dan itu benar-benar dapat membantu bisnis tampil baik dalam hasil pencarian.

Dengan berinvestasi dalam membangun otoritas situs lokal, kita dapat menciptakan efek riak positif yang dapat berdampak besar pada keseluruhan kampanye bisnis selama ini.

Jaga otoritas, terutama di dalam pikiran kita, dengan tetap action melakukan semua upaya di halaman dan di luar halaman situs.

Penting untuk selalu yakin bahwa kita akan melihat sebuah hasil positif. Mungkin butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang bertahan lama, seperti yang kita inginkan selama ini, dalam waktu / jangka panjang.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more