Pengaruh Seringnya Menatap Layar Dengan Pola Tidur Kita

Ada banyak pembicaraan tentang lamanya waktu menatap layar dapat mempengaruhi perilaku anak-anak. Orang tua telah diperingatkan oleh dokter, ilmuwan, dan spesialis, untuk membatasi jumlah waktu anak untuk boleh menghabiskan waktu di depan televisi atau menggunakan komputer, tablet atau smartphone.

Tapi bagaimana dengan orang dewasa? Apa akibat terlalu banyak waktu menatap layar terhadap pola tidur kita? Bisakah waktu yang kita habiskan untuk menggunakan aplikasi, berselancar di web, atau menonton Netflix, dapat mengganggu kesehatan yang dibutuhkan tubuh kita?

Singkatnya, ya.

Masalahnya terletak pada tingkat aktivitas kelistrikan otak Anda. Ketika aktivitas ini meningkat, dapat menyebabkan neuron di otak saling berlomba. Ini mencegah tubuh Anda untuk tenang dan mencapai keadaan istirahat dan relaksasi yang damai. Pada dasarnya, stimulasi kognitif yang disebabkan oleh waktu menatap layar, terutama selama jam malam, dapat mencegah orang dewasa untuk tertidur cepat.

Selain itu, tindakan fisik menanggapi teks, email, atau interaksi online lainnya dapat meningkatkan ketegangan di dalam tubuh, yang mengakibatkan peningkatan tingkat stres. Ketika ini terjadi, tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres yang disebut kortisol. Hormon ini dilepaskan oleh kelenjar adrenal yang sebenarnya tidak suka tidur.

Alasan lain mengapa waktu menatap layar dapat berdampak negatif pada pola tidur adalah karena terlalu banyak cahaya dari layar video pada waktu tidur dapat memengaruhi produksi alami melatonin otak, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh secara alami. Ketika hormon ini tidak cukup diproduksi, tubuh berpikir sekarang belum siap untuk tidur.

Demikian pula, cahaya yang dipancarkan dari layar perangkat elektronik Anda menunjukkan kepada tubuh bahwa itu masih siang hari. Hal ini dapat menyebabkan insomnia dan kurang tidur. Memegang tablet atau smartphone di dekat wajah Anda semakin meningkatkan efek ini dan mengirimkan sinyal yang salah ke otak bahwa ini bukan waktunya untuk tidur.

Menonton televisi pada jam sebelum tidur juga mengakibatkan tidur malam yang nyenyak. Ini dikarenakan penjaga waktu biologis tubuh, yang dikenal sebagai jam sirkadian, yang disinkronkan dengan hari (24 jam yang normal) mengalami gangguan dalam siklus terang dan gelap.

Para ilmuwan dan dokter telah menemukan bahwa tidur kurang dari delapan jam secara rutin dapat membahayakan kesiagaan, efisiensi, produktivitas, suasana hati dan waktu reaksi. Dan itu bukanlah gangguan yang kecil. Pengemudi yang mengantuk bertanggung jawab atas kematian pada setiap tahunnya. Terlebih lagi, penelitian lain menemukan bahwa kecelakaan di tempat kerja yang berhubungan dengan insomnia telah menelan biaya miliaran setiap tahun bagi pengusaha.

Untungnya ada solusi sederhana. Hindari menonton TV atau menggunakan perangkat layar apapun dalam satu atau dua jam sebelum tidur. Ini akan memberi kesempatan otak Anda untuk rileks dan memungkinkan tubuh menghasilkan hormon yang dapat merangsang untuk cepat tidur, yang dibutuhkan untuk mendapatkan istirahat malam yang baik.

Post Terkait:

Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more