Tips, Aturan, & Etika Blogging | Strategi untuk Sukses

Tidak diragukan lagi jika WordPress menjadi platform blogging paling baik hingga kini. Sangat mudah untuk memperbarui, mudah digunakan, dan cukup fleksibel untuk mendukung puluhan perintah dan plugin.

Meskipun WordPress mungkin merupakan platform blogging terbaik, tidak ada yang penting jika blog Anda tidak sesuai standar. Kami telah membuat panduan lima bab ini untuk membantu pemula memahami cara membangun blog yang hebat, blog yang akan menarik pembaca, mempertahankannya, dan membangun komunitas yang tak terlupakan. Selain itu, Anda melihat panduan ini untuk kiat yang lebih dapat ditindaklanjuti tentang cara membangun sebuah blog.

Anda tahu, blog yang bagus lebih dari sekadar tulisan yang bagus. Ini tentang menjangkau dan bergabung dalam percakapan dan melakukannya dengan cara yang profesional, menarik, dan unik. Ada banyak aturan tak tertulis tentang blogging yang harus Anda ketahui, dan ada beberapa trik di balik layar yang dapat membantu Anda memulai blog yang lebih baik. Tujuan kami adalah untuk menyediakan Anda dengan keduanya.

Blogging tidak harus sulit, tetapi membantu untuk mengetahui apa yang Anda lakukan. Panduan kami dirancang untuk membantu Anda membangun blog yang hebat dari awal. Namun, Anda juga dapat menggunakan tips blogging ini untuk melengkapi kembali blog yang sudah ada.

1. Blogging yang Baik Membutuhkan Perencanaan yang Hebat


Mulailah dengan Mengetahui Tujuan Anda

Tujuan akan berdampak besar pada cara Anda menangani blog Anda. Sebuah blog yang dimaksudkan untuk menginspirasi pemikiran dan perdebatan tentang isu-isu penting akan ingin menjaga komentar terbuka lebar, misalnya, dan akan sangat peduli dengan membangun komunitas dan memulai percakapan. Sebuah blog bisnis lebih peduli dengan menunjukkan keahlian dan membangun kepercayaan. Komentar mungkin tidak perlu atau bahkan umum untuk blog semacam itu.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri:
  • Apakah blog ini dimaksudkan untuk membantu saya menjual produk dan layanan yang merupakan sumber pendapatan utama saya?
  • Apakah saya akan memonetisasi blog ini dengan menawarkan produk dan layanan pihak ketiga?
  • Apakah blog saya hanya untuk kesenangan, pemenuhan pribadi, atau untuk mendukung tujuan yang saya pedulikan?
  • Apakah tujuan saya menjadi pemimpin pemikiran?
  • Apakah saya ingin berbagi pengalaman pribadi?
  • Apakah saya tertarik untuk membuat majalah online skala penuh seputar topik atau kelompok topik?

Sasaran yang jelas dan terfokus membantu Anda membangun blog yang berfungsi. Lagi pula, blog parenting mungkin tidak boleh menampilkan tampilan, nuansa, nada, komentar, dan kebijakan promosi yang sama dengan blog perusahaan tingkat tinggi yang dimaksudkan untuk menarik para eksekutif jet-setting. Kembangkan visi yang jelas tentang apa yang seharusnya menjadi blog Anda, dan gantung semua keputusan Anda dari visi itu.

Fokus pada Niche Anda

Blog harus fokus. Tentukan satu topik/niche. Jika Anda mencoba mengelompokkan topik, mereka harus terkait. Misalnya, Anda dapat memilih topik yang luas (Pemasaran Digital) dan blog tentang segala sesuatu yang terkait dengan topik itu: konten, media sosial, PPC, SEO, dll. Atau Anda dapat mengabdikan blog Anda untuk SEO saja. Namun, Anda tidak dapat menulis blog tentang SEO dan memasak.

Anda dapat menulis blog Gaya Hidup yang mencakup mode, rumah, taman, romansa, dan hiburan, tetapi Anda sebaiknya tidak menulis tentang hiburan dan kehidupan di luar jaringan. Sebuah blog dapat memiliki subtopik, tetapi mereka harus masuk akal.

Blog dulunya sangat mirip dengan buku harian, jadi orang membicarakan apa saja dan segalanya. Hari ini, bagaimanapun, mereka lebih seperti majalah. Tetap pada target memungkinkan pembaca Anda tahu persis apa yang diharapkan. Itu juga membuat mereka tetap terlibat. Mereka muncul karena Anda menarik minat mereka, jadi jangan mengecewakan mereka!

Pahami Masalah Desain

Desain blog Anda harus:
  • Terorganisir; mudahkan pembaca Anda untuk bernavigasi.
  • Berpenampilan menarik dan profesional.
  • Mencerminkan tujuan dan niche Anda.
  • Bersikaplah hormat. Jangan membebani pembaca Anda dengan iklan dan pop-up.
  • Jadilah responsif. Ingat, sekarang banyak orang membaca blog di ponsel . Untungnya, ada banyak tema WordPress dan Blogger responsif yang mudah dipasang dan digunakan.

Anda tidak harus menjadi desainer grafis inti untuk membuat blog yang dirancang dengan baik. Pikirkan saja tentang pengalaman yang akan dialami pembaca Anda di setiap langkah.

2. Sesuaikan dengan Keahlian Anda


Orang tidak pergi ke blog untuk membaca hal yang sama dengan yang mereka dapatkan di tempat lain. Tidak ada blog yang bertahan pada konten yang diulang. Anda harus memberikan sesuatu yang baru, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah menjadi diri sendiri!

Jadilah Diri Sendiri

Bahas Anda sendiri pada apa pun yang Anda ingin sampaikan. Anda tidak boleh membuat blog tentang topik apa pun yang tidak terlalu Anda ketahui. Anda harus dapat membawa pengalaman dan pendapat unik sendiri ke blog.

Tentu saja, itu bukan berarti Anda tidak harus siap untuk belajar lebih banyak. Memang, Anda harus mempelajari semua yang Anda bisa kapan pun Anda bisa sehingga Anda dapat berbagi wawasan itu dengan audiens Anda! Jadilah penasaran dan gunakan rasa ingin tahu itu untuk membawa nilai ekstrem bagi pembaca Anda.

Ingat, informasi tidak sama dengan wawasan. Web penuh dengan informasi. Pembaca Anda bisa mendapatkan informasi di mana saja. Apa yang tidak bisa mereka dapatkan adalah semua wawasan yang dibawa oleh pengalaman Anda. Mereka belum pernah ke tempat Anda sebelumnya, berjalan di tempat Anda berjalan, melihat apa yang telah Anda lihat, atau melakukan apa yang telah Anda lakukan. Untuk memiliki blog yang sukses, Anda harus memercayai suara Anda sendiri, serta pengalaman yang Anda kumpulkan saat membenamkan diri dalam suatu topik.

Ini bukan untuk mengatakan itu semua harus tentang Anda. Banyak blogger hebat mewawancarai orang lain untuk menyusun artikel hebat, seperti yang dilakukan penulis majalah. Dalam kasus seperti itu, Anda tetap memberi manfaat pada pembaca dari wawasan unik Anda sebagai subjek.

Beberapa blogger menyewa penulis bayangan atau ghostwriter ketika mereka kebanjiran orderan. Tidak ada yang salah dengan ini, tetapi pastikan bahwa ghostwriter adalah sesama ahli atau luangkan waktu di telepon dengan ghostwriter untuk mendiskusikan beberapa masalah dan topik yang akan ia tulis di blog Anda.

Jika tidak, blog Anda akan menghasilkan konten yang feel-nya datar. Mungkin berguna, mungkin unik secara teknis, tetapi gaya tulisan khas Anda dapat hilang. Pembaca akan memperhatikan, bahkan jika mereka tidak secara sadar mengenali mengapa ada sesuatu yang tampak aneh dengan konten Anda.

Jujur

Bekerja secara online memberi Anda kekuatan untuk menjadi siapa pun yang Anda inginkan, dan menampilkan diri Anda dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Menjadi orang yang idealis akan merasa skeptis ketika membaca atau mendengar klaim orang lain di Internet.

Anda tetap mendapatkan lalu lintas walau tulisan blog Anda tidak sesuai dengan keinginan pribadi, namun Anda tidak akan pernah mendapatkan pengikut nyata. Integritas penting. Anda ingin bergabung dengan komunitas yang solid, terutama pada orang-orang yang percaya akan pekerjaan Anda.

Anda bisa mulai dengan mengakui kesalahan Anda. Misalnya, jika Anda menyadari bahwa Anda telah memublikasikan informasi yang salah setelah postingan ditayangkan, pastikan untuk memberi tahu pembaca Anda. Jangan hanya menutupi atau menghapus postingan. Perbarui, dan jelaskan bahwa Anda melakukan kesalahan. Pembaca Anda akan menghargai keterbukaan Anda, dan kesediaan Anda untuk bertanggung jawab atas apa yang Anda tulis.

Berikut contoh lain. Katakanlah Anda sedang menulis ulasan produk. Anda tidak perlu merasa berkewajiban untuk mengatakan bahwa Anda menyukai suatu produk hanya karena Anda cukup beruntung untuk menerima sampel gratis. Pastikan ulasan Anda jujur, dan berikan kritik membangun untuk merek tersebut. Jangan mempublikasikan postingan produk kepada pembaca agar mereka mau membeli produk tersebut, sedangkan Anda sendiri tidak pernah berminat membeli produk itu.

Bahkan ada kewajiban hukum yang dibungkus dengan kejujuran. Misalnya, Anda melakukan pemasaran afiliasi apa pun di blog Anda, jika Anda mendapat komisi setiap kali seseorang membeli produk yang Anda ulas, katakan atau bicarakan pada Pemilik produk agar mengharuskan Anda untuk mengungkapkan hubungan itu.

Ingat: jika Anda memiliki pilihan antara mengatakan yang sebenarnya dan menutupi kebenaran, selalu bersikaplah jelas, terbuka, dan sejujur mungkin.

Berikan Pembaca yang Terbaik

Anda tidak harus menjadi Pengibur untuk membuat blog yang hebat. Bagaimanapun, Anda harus selalu berusaha untuk bersikap profesional. Periksa masalah seperti:
  • Tata bahasa dan ejaan. Sulit bagi pembaca untuk menganggap Anda sebagai profesional yang dapat dipercaya jika postingan Anda terdengar buta huruf.
  • Keterbacaan. Apakah karya Anda terorganisir, mudah dibaca, dan menarik? Sudahkah Anda menggunakan header dan sub-header untuk memecah teks?
  • Link. Pembaca menjadi frustrasi ketika Anda memberi mereka tautan yang buruk, atau tautan yang tidak dapat dioperasikan.
  • Gambar-gambar. Apakah Anda memiliki gambar yang rusak, atau gambar yang tidak sejajar? Luangkan waktu untuk memperbaiki masalah ini sebelum menekan "publikasikan."

Koreksi seluruh bagian. Jalankan melalui Microsoft Word, jika perlu, untuk memeriksa tata bahasa. Anda juga dapat menggunakan ekstensi pemeriksaan tata bahasa gratis seperti Grammarly, jika Anda tidak yakin dengan keahlian Anda sendiri di bidang ini.

Baca tulisan dengan keras, dan lihat bagaimana kedengarannya. Anda tidak perlu menghabiskan seluruh hidup Anda menderita karena postingan blog, tetapi Anda harus memastikan semuanya telah "dipoles". Tulisan itu tidak harus menjadi mahakarya, tetapi harus menjadi karya terbaik Anda hari ini.

3. Ingat, Anda Bagian dari Komunitas


Kemampuan membangun komunitas inilah yang membedakan kebanyakan blog dari website biasa. Memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan pembaca sangat berharga, tetapi hanya jika Anda menanganinya dengan benar. Selain itu, blog Anda akan lebih kuat dan jauh lebih sukses jika Anda melakukan kerja sama yang baik dengan komunitas blog yang lebih besar.

Cara yang Benar Berkomunikasi dengan Pembaca

Membalas semua komentar perlu sesegera mungkin. Ini menunjukkan Anda peduli! Komentar adalah penghubung antara Anda dan pembaca Anda, dan itu adalah kesempatan emas. Bagaimanapun, kehadiran komunitas yang hidup adalah ukuran sebenarnya dari sebuah blog yang sukses. Berikut adalah panduan tentang sistem komentar terbaik untuk membantu Anda memulai percakapan dengan pembaca Anda.

Membangun hubungan adalah cara paling pasti untuk mendorong pembaca kembali ke blog Anda lagi dan lagi. Ini adalah satu-satunya cara untuk menarik orang agar membagikan konten Anda. Ini juga membuat orang tahu bahwa Anda ada di sana untuk terlibat dengan mereka, bukan hanya untuk berbicara dengan mereka.

Jika pemberi komentar telah meninggalkan tanggapan yang bermanfaat dan mendalam, luangkan waktu untuk melanjutkan percakapan. Jika komentarnya singkat, Anda cukup berterima kasih kepada mereka karena cukup baik untuk mampir dan memberi tahu Anda bahwa mereka ada di luar sana.

Beberapa pembaca Anda mungkin tidak akan menggunakan kolom komentar. Mereka akan menghubungi Anda melalui formulir kontak Anda atau melalui email sebagai gantinya. Pastikan Anda menjawabnya secepat mungkin. Siapa tahu, pertanyaan atau kekhawatiran mereka mungkin memicu otak kreatif Anda, memberi Anda beberapa ide bagus untuk postingan blog baru yang luar biasa.

Menanggapi Komentar Kritis

Tentu saja, komentar di blog Anda tidak akan berisi positif semua. Selalu ada troll di luar sana, dan beberapa dari mereka senang membuat orang bertengkar. Akan ada juga orang yang memiliki beberapa kritik konstruktif yang baik juga ditampilkan.

Lebih mudah jika Anda menarik napas dalam-dalam dan menerima bahwa Anda akan mendapatkan kritik sejak awal dengan semua tulisan yang dipublikasikan.

Omong-omong, banyak blogger memilih untuk membuat miling list agar tetap berhubungan dengan pembaca. Pastikan Anda tidak spam email ke pembaca Anda. Jika Anda melakukannya, Anda akan kehilangan kepercayaan mereka, mereka akan berhenti berlangganan, dan blog Anda akan mendapatkan reputasi buruk. Cara termudah untuk menggunakan miling list adalah dengan memberi tahu pembaca tentang keberadaan postingan blog baru. Berbagai plugin WordPress memungkinkan Anda melakukan hal itu, tanpa usaha, setiap kali Anda memposting.

Mendorong Percakapan

Ada dua cara Anda dapat mendorong komentar di blog Anda. Yang pertama adalah melalui tulisan posting yang mengundang pembaca untuk berbicara dengan Anda. Anda dapat menambahkan kalimat seperti:
  • “Apakah kamu pernah mengalami ini?”
  • “Apa pendapatmu tentang ini?”
  • "Bagaimana, apakah ini berhasil untukmu?"

Anda juga dapat menulis postingan yang sedikit kontroversial. Jika ada argumen dalam niche Anda tentang cara terbaik untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya, langsung saja dan buat pendirian. Lakukan dengan cara yang terhormat dan profesional, tentu saja untuk tidak menggunakan kata-kata kotor, dan jangan menghina orang yang tidak setuju dengan pendapat Anda.

Sebaliknya, dukung setiap poin Anda dengan bukti atau argumen untuk mendukung mengapa Anda berpikir seperti itu. Orang-orang akan ingin terjun baik sebagai pendukung maupun oposisi. Menyambut oposisi itu akan menciptakan percakapan yang hidup dan berharga.

Cara lainnya adalah dengan memasang sistem komentar blog yang bagus. Sistem yang baik:
  • Tidak mengharuskan pengguna untuk mendaftar akun lain. Pengguna memiliki ratusan akun, dan kebanyakan dari mereka bosan mendaftar untuk sesuatu.
  • Memudahkan untuk berkomentar, dan untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar baru telah diposting.
  • Memungkinkan moderasi komentar. Anda selalu menginginkan kekuatan untuk menghapus pengguna yang menjadi kasar, atau di luar kendali.
  • Integrasi media sosial tidak ada salahnya, karena membantu meningkatkan jumlah lalu lintas yang mengalir ke blog Anda.

Ucapkan Terima Kasih pada Mereka yang Telah Membagikan Tulisan Anda

Sebuah blog bukanlah apa-apa tanpa pembaca. Anda akan mendapatkan beberapa dari pembaca tersebut melalui lalu lintas penelusuran organik, tetapi sangat sulit untuk mendapatkan mereka melalui penelusuran organik saja. Seringkali, pembaca terbaik dan paling bersemangat akan menemukan Anda setelah seseorang membagikan postingan Anda, baik di saluran media sosial mereka atau di blog mereka sendiri.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi kapan seseorang telah membagikan konten Anda dengan orang lain. Ada dua cara.

Cara pertama adalah dengan menonton "pingbacks" di komentar. "Pingback" muncul setiap kali seseorang menautkan ke konten Anda. Anda akan mendapatkan informasi tentang di mana tautan itu muncul. Ikuti kembali ke blogger yang bersangkutan. Anda dapat mengomentari postingan blog perujuk dengan ucapan terima kasih. Anda juga dapat menyebutkan berbagi di posting blog Anda berikutnya.

Menonton media sosial adalah cara lain. Seringkali, orang yang membagikan akan meluangkan waktu untuk menyebutkan atau menandai nama pengguna Anda. Ini akan muncul di saluran sosial Anda, dan Anda dapat menggunakannya untuk menjangkau dengan ucapan terima kasih.

Anda tidak akan menemukan setiap bagian dengan cara ini, tetapi Anda akan menemukan sebagian besar dari mereka. Sangat penting untuk berterima kasih kepada setiap orang atas bagian yang Anda temukan. Pembaca melihat Anda peduli ketika Anda melakukan ini.

Sikap penghargaan Anda juga membuat mereka lebih bersedia untuk membagikan konten Anda yang lainnya lagi di masa mendatang. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa rasa terima kasih lebih dari sekadar kebaikan sosial, atau cara membuat si penolong merasa baik. Ini meyakinkan orang lain bahwa bantuan mereka benar-benar dihargai, dan mendorong perilaku “pro-sosial” atau membantu lebih lanjut. Selain itu, Anda juga akan merasa senang telah melakukannya!

Tentu saja, semua ini tidak penting jika Anda tidak dapat membuat orang membagikan konten Anda sejak awal.

Jelas, bagi pembaca Anda akan mendapatkan perhatian utama mereka jika konten Anda luar biasa. Ini adalah alasan bagus lainnya untuk memberikan yang terbaik untuk postingan Anda setiap hari. Popularitas Anda akan meningkat seiring waktu, tentu saja, tetapi jika Anda memberikan yang terbaik untuk setiap postingan juga. Semakin naik kepopuleran, maka Anda akan cenderung membuat postingan yang menarik dan dapat dibagikan dari waktu ke waktu.

Tapi ini samar-samar, konten “menarik” itu subjektif. Anda butuh cara yang lebih konkrit untuk mendapatkan share, dan untungnya cara konkrit juga cara yang lebih mudah.

Itu disebut timbal balik. Jika Anda ingin orang membagikan konten Anda, Anda harus menjangkau dan membagikan konten orang lain juga. Ini sangat sederhana. Temukan komunitas blogger lain di niche Anda. Ini adalah orang-orang di komunitas Anda. Bergabunglah dengan percakapan mereka. Perhatikan apa yang orang lain katakan. Berdebat dengan sopan tentang hal itu. Dan yang terpenting, tautkan setiap sumber inspirasi. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan perhatian dari influencer lain di lingkungan komunitas Anda.

Jadilah Tamu yang Hebat

Mengunjungi blog blogger lain seperti mengunjungi rumah teman. Anda mungkin memiliki dua kesempatan untuk bertindak sebagai tamu dalam memberi komentar, seperti mampir untuk minum kopi atau posting tamu, yang sedikit mirip dengan menghadiri pesta makan malam formal.

Mari kita bicara tentang minum kopi dulu. Anda melakukan tindakan spam komentar, yaitu dengan mengomentari postingan blog orang lain hanya untuk mengiklankan situs Anda. Ini adalah cara yang salah untuk mempromosikan blog Anda. Ingat, situs orang lain bukanlah papan iklan untuk blog Anda.

Cara terbaik untuk memberi tahu orang untuk dapat berteman dengan Anda ketika komentar itu relevan, tetapi perlu memastikan komentar Anda sesuai dengan pribadi Anda. Selalu mencoba untuk menambahkan nilai pada postingan atau topik yang dibahas. Jadikan percakapan sebagai prioritas pertama Anda agar terus berlanjut. Dan, seperti yang selalu diajarkan orang tua kita, “jika kamu tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan, jangan katakan apapun sama sekali”.

Jika Anda tidak setuju bahkan sangat tidak setuju, menahan “lidah” (tidak menulis apapun di keyboard) Anda adalah tindakan terbaik. Lakukan ini bahkan jika Anda tidak bermaksud menyinggung. Saat Anda mengeluarkan kata-kata secara online, selalu ada potensi orang salah mengartikan apa yang sebenarnya Anda maksudkan. Anda selalu dapat mendiskusikan keyakinan Anda sendiri yang dipegang teguh ketika Anda melihat ke "rumah" (blog Anda sendiri).

4. Menjadi Kreatif untuk Blogger Tamu


Blogger tamu adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan pengikut.

Pastikan Anda memposting hanya ke situs yang relevan sesuai topik blog Anda dan juga punya kualitas tinggi. Satu postingan luar biasa di situs yang sangat relevan akan lebih bermanfaat untuk karir blogging Anda, daripada 100 postingan berkualitas rendah di situs yang tidak relevan. Gunakan usaha, waktu, dan kreativitas Anda dengan bijak.

Menonjol dari Kerumunan saat Menjangkau Pengikut Baru

Sebelum menjangkau pengikut baru Anda perlu memastikan dengan membaca pedoman menjadi blogger tamu di situs tersebut. Jika situs menerima postingan tamu, blogger tuan rumah biasanya akan memposting pedoman ini dengan cukup jelas dan ringkas. Anda tidak ingin membodohi diri sendiri. Jika pemilik situs melihat bahwa Anda bahkan tidak meluangkan waktu untuk membaca pedoman maka Anda telah kalah.

Sangat penting untuk menjadi kreatif saat menjangkau pengikut baru sehingga Anda perlu menonjol di keramaian. Banyak situs populer mendapatkan ratusan bahkan ribuan permintaan postingan tamu setiap minggunya. Ini juga berarti Anda mungkin perlu mengirim beberapa email.

Tindak lanjut ketiga dan terakhir mereka sama kreatifnya. Selain pintar dengan kata-kata, mereka juga menggunakan GIF animasi di email mereka untuk menarik perhatian Anda. Dari semua permintaan blogging tamu yang kami terima, banyak cara yang bagus untuk menonjol dari yang lain.

5. Memahami Hak Cipta


Sangat mudah untuk mengalami masalah hak cipta, meskipun sebagian besar konten di blog Anda 100% asli. Mengaitkan sumber dengan benar dan menggunakan gambar adalah masalah paling umum yang dialami blogger.

Cantumkan Sumber Atribusi Mereka dengan Tautan

Kadang-kadang Anda mungkin ingin mengutip sumber situs lain di blog Anda sendiri (bagaimanapun juga itu adalah bagian besar dari berbagi konten). Pastikan Anda mengaitkan setiap sumber dengan tautan. Ini akan membuat Anda mematuhi undang-undang hak cipta. Ini juga akan membantu Anda menuai manfaat timbal balik, yang disebutkan di atas.

Namun, berhati-hatilah situs mana yang Anda pilih sebagai sumber. Jangan menautkan ke situs berkualitas rendah. Tautan tersebut menjadi terkait dengan situs Anda, yang merupakan hal terakhir yang Anda inginkan. Jika blog Anda ingin menjadi situs berkualitas tinggi, kaitkan dengan situs berkualitas tinggi juga.

Bahkan jika Anda hanya menggunakan sebagian dari karya tersebut dan mengutipnya dengan benar, Anda tidak akan pernah dapat menggunakan gambar berhak cipta, postingan blog, atau karya kreatif lainnya untuk tujuan komersial tanpa izin tertulis dari orang yang membuatnya. Jika tidak, mereka hanya akan mengajukan permintaan DMCA dan meminta Anda untuk menghapus konten tersebut. Menjual kaus oblong, cetakan, e-book, atau publikasi lain yang berisi bagian mana pun dari karya tersebut dianggap sebagai pelanggaran hak cipta, bahkan jika Anda mengubah karya tersebut sebelum Anda menerbitkannya.

Hak Cipta dan Izin Gambar

Gambar dilindungi dari salinan seperti halnya kata-kata. Anda tidak bisa hanya berkeliaran di Internet mengunggah foto dan gambar untuk Anda gunakan sendiri! Hati-hati menggunakan Gambar Google.

Lisensi gambar bisa menjadi sangat kompleks. Cara termudah untuk menghindari masalah adalah dengan membeli akun stok foto dengan situs-situs seperti Adobe Stock, StockPhotoSecrets, Dreamstime, atau Photodune. Anda dapat membeli kredit untuk membeli gambar dan memperoleh lisensi untuk menggunakannya. Perhatikan bahwa lisensi komersial lebih mahal.

Ada gambar yang berada di domain publik, tetapi mungkin sulit untuk menemukan gambar tertentu sesuai postingan Anda, dan Anda berisiko memilih gambar yang tidak ada di domain publik. Tentu saja, Anda selalu dapat mengambil foto sendiri jika Anda tidak ingin berurusan dengan masalah hak cipta.

Jika ragu, tanyakan kepada penulis atau pencipta apakah Anda dapat menggunakan dan menautkan kembali ke karya mereka. Banyak pembuat konten dengan senang hati mengizinkan repost dengan atribusi yang benar. Beberapa bahkan mengizinkan Anda untuk menggunakan karya mereka dalam publikasi Anda. Kegagalan untuk bertanya terlebih dahulu dapat menyebabkan reputasi buruk di kalangan blogger atau bahkan tindakan hukum.

Beberapa pencipta telah mulai merilis karya di bawah lisensi Creative Commons, yang memungkinkan penggunaan yang lebih luas daripada hak cipta tradisional. Namun, Anda tidak boleh menganggap suatu karya adalah Creative Commons kecuali Anda melihatnya secara khusus terdaftar seperti itu. Teliti jenis lisensi yang berbeda, dan pastikan untuk menggunakan lisensi yang tepat bila perlu. Dalam posting ini kami menunjuk situs Pixabay untuk memperoleh gambar gratis kepada Anda. Pixabay tempat terbaik untuk menemukan gambar bebas royalti.

Kualitas dan Profesionalisme Membuat Perbedaan


Apakah Anda terkejut dengan semua informasi ini? Jangan khawatir! Semuanya cukup mudah untuk diterapkan, terutama jika Anda berfokus kuat pada tujuan, yaitu membuat situs berkualitas tinggi yang membuat orang lain bangga dapat mengaitkannya.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus



This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Blogger Cookies