Manfaat Hobi Membaca & Menulis Bagi Manusia

Jika kamu ditanya oleh seseorang apakah kamu hobi membaca? Mungkin jawaban beragam akan muncul mengapa kita sangat sulit untuk membaca. Karena penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Sebab jika kamu ingin jadi penulis kamu harus banyak membaca, dengan membaca kita tahu segalanya. Untuk memulainya tidaklah susah karena sejak kita SD, SMP, maupun SMA, yang namanya membaca akan terus berlanjut selama kita masih hidup.

Manfaat Membaca



Karena dengan membaca hal yang sebelumnya kita tidak tahu, setelah membaca kita akan menjadi tahu. Dengan demikian, tidak ada ruginya kita membaca. Membaca akan menambah wawasan kita tentang segala hal. Dengan semakin banyaknya kita membaca semakin besar rasa ingin tahu kita. Maka tidak mengherankan jika kita selalu ketagihan untuk membaca. Jadi, silakan kamu baca buku apa saja yang menurut kamu enak dibaca, mulai dari: novel, buku pelajaran, koran, majalah, blog, portal berita, dan sebagainya, yang penting bisa menambah wawasan kamu.

Banyak orang-orang besar yang kita ketahui bahwa mereka rata-rata hobi membaca dan mengakui bahwa manfaat dari membaca mendukung atas kemajuan karirnya. Dengan banyak membaca otak menjadi tercerahkan. Apalagi sekarang sudah majunya teknologi, sehingga informasi apapun bisa kita dapatkan dengan mudah. Jika kamu tidak cukup buku untuk membaca, kamu bisa kunjungi perpustakaan yang berada di sekitar kamu atau kamu datang ke toko buku sembari mencari buku terbaru. Jika kita sudah ada kemauan untuk itu kita pasti bisa dengan senang membaca. Percayalah bahwa banyak manfaat dari kita sering membaca.

Manfaat Menulis



Bagi kebanyakan remaja saat ini mungkin menulis atau mengarang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika dibilang susah faktanya banyak diantara teman-teman kita dengan mudahnya untuk menulis. Masihkah ingat sewaktu masih sekolah, di saat pelajaran Bahasa Indonesia kita disuruh untuk mengarang. Ataupun saat kita sewaktu di bangku kuliahan diwajibkan membuat tugas presentasi, laporan, dan skripsi. Lalu, susahkah menulis? Itu tergantung dari kita bagaimana membuat sesuatu yang susah seperti menulis menjadi mudah dilakukan.

Faktanya, banyak orang yang mengeluhkan susahnya menuangkan gagasan menulis melalui sebuah tulisan, dan ini biasanya jika sudah menyangkut tulisan fiksi atau non fiksi, baik yang ilmiah maupun yang populer.

Mengapa yang susah tidak kita buat semudah kita menulis sebuah surat yang pernah kita kirimkan pada kekasih kita? Karena sesuatu yang dibuat menyenangkan maka kita akan dengan mudah untuk menungkan ide maupun yang keluar dari perasaan kita. Di sisi lain, mungkin kebanyakan dari kita, menulis sebuah karangan terasa menyebalkan karena menulis juga mempunyai kiat-kiat supaya menulis menjadi menyenangkan. Masalahnya, dalam dunia tulis-menulis atau mengarang dijadikan kendala oleh para pemula. Sama halnya saya pertama belajar menulis, sangat susah menuangkan sebuah ide ke dalam tulisan. Intinya punya sedikit motivasi dan ketekunan untuk terus menulis. Lalu mulailah belajar menulis dari hal-hal yang kecil, seperti: buku harian atau blog, sehingga apa yang kita anggap ide dapat kita tulis di buku harian atau blog pribadi kita.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more