9 Cara Promosi Blog Secara Offline

Setelah berhasil membuat blog dan memiliki beberapa artikel, maka pemikiran selanjutnya dari blogger adalah bagaimana cara mempromosikan blog. Gampang-gampang susah bagi pemula untuk hal ini. Ada cara promosi blog secraa online dan ada cara promosi blog secara offline. Silakan pilih salah satu.

Pada umumnya sesuai kenyataan lapangan, jauh lebih sering orang pusing dengan promosi online. Dalam hal blogging seo sebenarnya ada cara lain yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu promosi blog secara offline. Betapa tidak, dengan sedikit usaha saja Anda bisa mempromosikan blog dengan sangat baik. Atau secara sederhana, memberitahu teman, keluarga dan rekan kerja tentang blog Anda adalah cara sangat sederhana. Jadi, bagaimana Anda menggunakan layanan jaringan sosial Anda?

1. Mulai dari yang kecil-kecil

Pada awalnya, Anda bisa mendapatkan umpan balik dari teman yang dipercaya untuk mereview blog Anda. Mintalah teman yang dipercaya untuk memberikan umpan balik yang jujur.

Ketika baru mulai, selama tiga atau empat minggu pertama, kita hanya memperkenalkannya pada 5 orang teman terdekat kita. Mereka perlu memberikan review singkat dengan lisan yang membantu kita memformat ulang halaman untuk membuat blog kita lebih bagus. Mintalah kritik dari teman-teman tersebut. Tidak semua kritik terasa mengenakkan, tetapi bisa sangat membantu.

2. Beritahu teman dan keluarga

Jika Anda benar-benar bersemangat tentang topik blog Anda, saya yakin sekelompok teman-teman Anda juga akan senang membaca blog Anda. Maka demikian, silakan share URL postingan terbaru blog Anda di story Whatsapp dan media sosial lainnya.

3. Beritahu rekan kerja Anda dan sesama penggemar obyek tertentu

Kemungkinannya sangat kecil, apalagi jika Anda menulis di blog untuk menghasilkan uang dari aktivitas blogging. Namun disisi lain Anda bisa menuliskan hobby Anda di blog. Anda memiliki teman-teman lain dalam lingkup tertentu dan Anda bisa mengambil keuntungan dari hal ini.

4. Iklan dengan Grup dan Asosiasi dimana Anda berada

Apakah Anda berada pada komunitas studi atau sebuah kelompok industri? Maupun sebuah kelompok dengan newsletter? Kirimkan semua apapun tentang blog Anda.

5. Mintalah teman untuk posting tamu

Ada manfaat nyata untuk ini. Manfaat terbesar adalah Anda menemukan penulis lain yang membantu kehidupan blog Anda. Jika Anda tidak mau minta tolong, orang lain tidak akan pernah berbagi cerita ini dengan kita, dan blog kita tidak akan bertambah artikelnya mengenai hal tertentu dari posting tamu.

6. Minta teman Anda untuk komentar

Tidak ada yang lebih sedih dari posting blog tanpa komentar. Orang ingin mengunjungi blog yang bermasyarakat. Ketika orang baru datang ke blog kita, mereka merasa bebas untuk komentar tanpa merasa seperti mereka adalah satu-satunya komentator. Semakin banyak komentar, akan semakin tertarik orang untuk memberi komentar juga.

7. Anda mengundang teman-teman di facebook/instagram/linkedin/twitter

Anda memiliki lebih dari 2000 teman di facebook, mengapa tidak berbagi konten Anda di sana dan mengundang mereka ke blog Anda? Untuk hal ini saya mendapat pengunjung 200-300 pengunjung perhari dari FB pada blog andisyam.web.id.

8. Beritahu orang yang Anda temui dalam kehidupan nyata

Mirip dengan nomor tiga, Anda perlu menargetkan orang-orang yang mungkin tertarik pada blog Anda yang Anda belum pernah bertemu sebelumnya. Hal ini tampak jelas, tetapi sulit bagi saya pada awalnya. Sulit untuk menempatkan diri di luar sana dan berkata, Saya memiliki sebuah blog. Tapi sekali lagi, Anda tidak pernah tahu siapa atau kapan Anda bisa bertemu pembaca baru. Jika ada kesempatan, katakanlah kepada siapa yang Anda temui saat ini.

9. Memasang stiker atas nama domain blog Anda

Apa salahnya jika Anda memesan stiker domain blog Anda dan memasang pada kaca belakang mobil dan helm motor? Setiap diperhentian traffic light ada sekitar 5-10 orang dapat membaca domain Anda.

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more