Menikmati Koneksi Internet dengan Cisco ADSL

Dalam artikel kali ini sekaligus kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Pengantar VPN dan Mengkonfigurasi Routing Static Dan Dynamic Cisco. Mari sobat kita melihat bagaimana melakukan koneksi internet dengan perangkat Cisco ADSL. Di sini kita menggunakan interface Cisco ADSL modem/router 837 yang akan digunakan dalam mengakses internet.

Sebelum koneksi dapat dilakukan, tentunya kita sudah mempunyai atau berlangganan ISP sebagai pusat koneksi internet melalui layanan ADSL pada jalur nomor telepon sehingga di sini kita memperoleh nama pengguna (user name) beserta password-nya. Dalam melakukan konfigurasi tentunya kita terlebih dahulu mengetahui beberapa metode yang sering digunakan untuk akses internet layanan ADSL, tergantung fasilitas mana yang didukung oleh ISP yang akan kita gunakan.

Pada umumnya terdapat dua koneksi yang didukung oleh ISP seperti Point-to-point Protocol over ATM (PPPoA) dan Point-to-point Protocol over Ethernet (PPPoE). Ada baiknya kedua metode koneksi kita kenal terlebih dahulu sebelum melangkah dalam melakukan konfigurasinya :

PPP over ATM (PPPoA), apabila kita menggunakan metode ini ada tiga jenis konfigurasi yang mesti kita lakukan yaitu:
  • Konfigurasi interface ethernet
  • Konfigurasi interface dialer
  • Konfigurasi interface ATM

PPP over Ethernet, untuk menggunakan metode ini ada empat jenis konfigurasi:
  • Konfigurasi Virtual Private Dial-up Network
  • Konfigurasi Interface Ethernet
  • Konfigurasi Dialer
  • Konfigurasi Interface ATM

Sampai di sini saya telah menjelaskan konfigurasi Koneksi Internet Dengan Cisco ADSL, nah sobat untuk kelajutan masing-masing metode ditunggu ya, soalnya udah ngantuk nih :)

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more