Panduan Teknik SEO Tahun 2020

Wah sudah mau tahun 2020 nih, tentu Anda harus tahu bagaimana cara melakukan optimasi situs website/blog di mesin pencari atau lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) untuk membantu situs kita berada di peringkat pertama pada halaman hasil mesin pencari melalui kata kunci yang relevan. SEO adalah proses mengoptimalkan situs web/blog Anda untuk mendapatkan lalu lintas organik, tidak dibayar, dan tinggi dari halaman hasil mesin pencari. SEO tidak hanya menggunakan kata kunci untuk mendapatkan lalu lintas tinggi, tetapi juga membuat perubahan tertentu pada tata letak situs web Anda dan isi konten di dalamnya untuk membuatnya lebih menarik (relevan) bagi mesin pencari.

Tren SEO 2020


SEO telah terbukti menjadi salah satu strategi pemasaran teratas untuk bisnis dan organisasi. Manfaat SEO sangat besar, terutama ketika biaya/budget yang Anda miliki sedikit atau tidak punya sama sekali. Setiap perusahaan, startup, atau organisasi menggunakan SEO sebagai alat yang ampuh untuk mempertahankan posisi yang solid di pasar dan meningkatkan permainan pemasaran mereka. Situs web baru diluncurkan hampir setiap hari, dan persaingan pasar online semakin besar dan semakin ketat. Pada saat seperti ini, perlu untuk memanfaatkan taktik dan tren SEO. Jadi tanpa basa-basi, mari kita selami tren SEO mendatang untuk tahun 2020.

1. Cuplikan Kaya (Rich Snippet) Mengumpulkan Lebih Banyak Klik

Cuplikan Kaya yang ditampilkan di mesin pencari Google menyediakan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna. Cuplikan Kaya ditampilkan pada hasil pencarian; Cuplikan Google memberikan informasi singkat dan tambahan kepada pelanggan tentang produk atau konten yang diminati, sehingga menjadikan cuplikan lebih menarik. Cuplikan Kaya memberikan manfaat rasio klik dan tayang ke situs web, jadi penting bagi Anda untuk menganggapnya serius. Sekitar 54% klik dari Google SERP berasal dari cuplikan unggulan. Untuk memanfaatkan tren SEO 2020 ini, Anda perlu menjawab pertanyaan yang paling sering diajukan dalam cuplikan unggulan Anda. Google menentukan cuplikan mana yang kaya, tergantung pada markup dan apa yang Anda sertakan di dalamnya.

2. Situs Web Aman

Keamanan situs web tidak terkait langsung dengan strategi SEO 2020, tetapi merupakan aspek penting dari pengalaman pengguna situs web. Jika pengguna melihat peringatan 'Tidak Aman', mereka mungkin memutuskan untuk tidak melanjutkan dan akan meninggalkan halaman web Anda. Ini akan menyebabkan tingkat bouncing yang tinggi, yang akan membuat strategi SEO organik Anda tidak efektif. Dalam kasus seperti itu, sangat penting untuk mengaktifkan protokol HTTPS ke situs web Anda, yang memberi pengguna Anda koneksi terenkripsi dan otentik yang aman. Menerapkan HTTPS akan memberikan situs Anda asupan SEO secara minor.

3. Konten Berkualitas Tinggi Terbaik untuk Strategi SEO

Iklan online akan menjadi lebih mahal pada tahun 2020. Sekitar 91% dari total belanja iklan dilihat hanya untuk satu detik atau kurang. Ini menyebabkan $ 38 miliar investasi dalam iklan digital terbuang pada tahun 2018. Untuk menggunakan strategi SEO secara efektif, penting bagi bisnis untuk menyediakan konten berkualitas tinggi di situs web mereka dan platform lainnya. Pengguna menginginkan konten yang bermanfaat, relevan, dan tepat waktu. Orang-orang akan menuju mesin pencari, dan halaman web Anda harus memberikan jawaban untuk itu. Pastikan kontennya diteliti dengan baik dan memiliki struktur logis untuk diikuti. Konten harus mudah dibaca dan dinavigasi. Cobalah untuk mengatasi masalah konsumen dan memberikan solusi. Buatlah kreatif dan tambahkan cerita jika Anda bisa, sehingga Anda dapat mengembangkan hubungan pribadi dengan pembaca. Dan yang paling penting, sertakan kata kunci yang relevan. Jika Anda memerlukan tips untuk menulis konten yang baik dan kreatif untuk optimasi SEO, silakan searching di blog ini.

4. Pengalaman Digital adalah Permintaan Paling Populer

Terlepas dari seberapa baik konten Anda, itu tidak akan efektif jika halaman web tidak dimuat dengan cepat atau jika antarmuka pengguna kompleks. Ini adalah fakta yang terkenal bahwa pengguna meninggalkan halaman web yang membutuhkan lebih dari beberapa detik untuk dibuka. Ini adalah faktor yang sangat penting dalam inisiatif SEO karena penundaan satu detik dapat menyebabkan kerugian besar bagi bisnis Anda. Tingkatkan kecepatan halaman dan fokus pada pengalaman pengguna. Tempatkan diri Anda pada posisi pembaca dan tentukan apa yang bisa dimengerti oleh mereka. Jangan menggunakan kata atau frasa yang tidak dikenal oleh audiens Anda demi menambahkan sesuatu yang kreatif atau pandai. Jika mereka tidak mengerti apa yang Anda maksud dalam sepersekian detik, mereka akan kembali ke SERP. Akibatnya, rasio pentalan tinggi akan berdampak negatif pada peringkat pencarian halaman web Anda.

5. Kecerdasan Buatan Menjadi Norma Baru

Kecerdasan buatan akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari semua orang lebih cepat dari yang kita harapkan. Bisnis dan organisasi menggunakan AI (Artificial Intelligence) untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dan unik untuk pelanggan dengan layanan yang lebih baik. Google menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan hasil mesin pencari yang lebih baik kepada penggunanya. Para pakar SEO di tahun 2019 sudah memprediksi seberapa penting AI akan menjadi alat untuk membantu optimasi mesin pencari pada tahun 2020. Ia dapat mengklasifikasikan halaman web secara tepat dan menentukan masing-masing peringkat konten yang dianggap relevan sesuai dengan kata kunci pencarian.

6. Penggunaan Mesin Pencari Lainnya

Tidak ada keraguan bahwa saat ini Google adalah mesin pencari yang terus memperbarui platformnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Tetapi ada mesin pencari lain yang beberapa orang sudah menggunakannya secara teratur. Mesin pencari populer seperti Bing dan DuckDuckGo mengharuskan Anda mengoptimalkan konten Anda sesuai standar mereka sehingga situs Anda memiliki peringkat yang baik. Bergantung pada sifat bisnis dan produk Anda, pahami mesin pencari apa yang paling dicari, dan optimalkan halaman web Anda.

Mengapa Mengoptimalkan untuk Pencarian Seluler sangat Penting untuk SEO pada tahun 2020



Pencarian seluler meninggalkan pencarian desktop. 4 dari 5 konsumen menggunakan smartphone untuk berbelanja online. Jika situs web Anda tidak memiliki versi seluler, Anda mungkin kehilangan pelanggan potensial, terutama pada tahun 2020. 'Halaman web seluler' bukan hanya tren yang berkembang yang sangat berkembang tetapi sangat penting bagi bisnis Anda untuk mempertahankan keberadaannya di pasar. Teknologi yang digunakan orang untuk menemukan informasi di ponsel cerdas mereka menjadi sangat canggih, dan awalnya memiliki situs web yang ramah seluler tidaklah cukup. Untungnya, Google telah mengubah prioritasnya dengan memperkenalkan Mobile-First Index pada tahun 2019. Hal ini memungkinkan Google untuk menggunakan versi halaman mobile dalam menentukan peringkat dan pengindeksan.

Salah satu strategi untuk mempercepat halaman dan sesuai dengan strategi Mobile-First Index situs Anda adalah dengan menggunakan template yang telah valid AMP (Accelerated Mobile Page).

Karenanya, memiliki laman seluler yang bagus harus menjadi prioritas tertinggi. Dan jika halaman Anda tidak terlihat bagus di layar seluler, situs Anda akan kehilangan peringkat di hasil pencarian seluler dan desktop.

1. Pencarian Suara akan menjadi lebih umum pada tahun 2020

Saat mengoptimalkan situs web Anda untuk seluler, Anda tidak dapat mengabaikan permintaan pencarian suara. Dengan meluasnya penggunaan smartphone, pencarian suara semakin populer di kalangan pemilik smartphone. Namun, selain dari smartphone; seperti Google Voice Assistant atau Amazon Echo, ternyata Samsung Smart TV merespons banyak pencarian suara juga.

2. Cara Mengoptimalkan untuk Pencarian Seluler dan Suara

Penting untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian suara untuk menghasilkan lalu lintas organik dan menerapkannya ke dalam pencarian percakapan dan termasuk dalam strategi SEO Anda. Hal pertama dan terpenting adalah mengoptimalkan situs web Anda untuk ponsel. Memiliki cuplikan kaya di SERP akan banyak membantu situs Anda karena pengguna seluler jarang menggulir dan langsung mengklik setelah melihat cuplikan Anda. Menggunakan cuplikan kaya juga akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik pada pencarian suara, karena hanya ada satu hasil yang dibacakan kepada pengguna

Bagaimana Otoritas Entitas Penting untuk Strategi SEO 2020


Otoritas atau entitas bisnis akan menjadi aspek utama dari algoritma lokal Google. Untuk memahami betapa pentingnya SEO bagi otoritas entitas bisnis Anda pada tahun 2020, Anda harus tahu apa itu kesadaran merek dan keterlibatan merek.

1. Kesadaran Merek

Jika orang menyebutkan nama situs, bisnis, atau merek Anda, tetapi tidak menautkannya, bisnis Anda akan tetap mendapatkan entitas yang dapat membantu Anda mendapat peringkat tinggi dalam pencarian Google. Di sini penyebutan merek adalah faktor kunci. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan popularitas entitas adalah untuk menghasilkan konten yang sangat relevan bagi audiens target.

2. Keterlibatan Merek

Ketika bisnis Anda mendapatkan popularitas merek, Anda ingin menerima keterlibatan pemirsa terbaik. Untuk mencapai keterlibatan merek yang lebih tinggi, tiga hal mendasar sangat penting: konten, tautan, dan RankBrain. Aspek-aspek keterlibatan merek, berikut penjelasan bagaimana ia berperan dalam SEO.
  • Konten - Dari perspektif SEO: konten adalah koneksi paling penting dari merek.
  • Tautan - Ini menyediakan koneksi inti antara merek. Mereka membangun hubungan antara halaman di web dan SERP. Halaman-halaman itu sendiri adalah merek yang mengandung merek lain.
  • RankBrain - Pekerjaan RankBrain tidak hanya bertindak sebagai sinyal untuk pencarian Google tetapi juga mengelola berapa berat setiap sinyal yang dibawa. Di sini bobot SEO menjadi penting untuk algoritma Google dalam membantu situs web Anda mendapatkan peringkat tinggi.

Tips SEO pada tahun 2020 untuk Membuat Konten Berkualitas Tinggi


1. Penggunaan Judul dan Subpos

Menggunakan pos dan subpos bermanfaat untuk SEO. Itu memotong konten Anda sehingga lebih mudah dibaca oleh pembaca. Orang lebih cenderung berbagi hal-hal yang mudah dibaca. Memiliki tajuk dan subjudul juga memberikan lebih banyak peluang untuk saturasi kata kunci dalam konten Anda. Alasan lain mengapa Anda harus memasukkan tajuk dan subjudul adalah bahwa robot mesin pencari mengenali tajuk utama dan memutuskan bagian mana dari konten Anda yang paling penting.

2. Optimalkan Panjang Artikel

Dulu, diyakini bahwa semakin banyak kata yang Anda terbitkan, semakin banyak lalu lintas yang akan Anda dapatkan. Tetapi sekarang, kasusnya berbeda. Sekarang semuanya tergantung pada konten apa yang memberikan jawaban terbaik dan memiliki informasi berharga. Meskipun tidak dapat untuk menulis artikel 2000 kata, nyatanya jumlah kata yang sedikit mampu meningkatkan trafik pada konten Anda. Periksa laporan Google Analytics Anda dan lihat postingan mana yang paling banyak dibaca. Lihat konten mana yang dibaca untuk waktu paling lama dan yang menghasilkan percakapan, pertanyaan, atau komentar tertinggi. Kemudian, terapkan beberapa faktor konten itu ke artikel dan postingan lain untuk melihat apakah mereka menghasilkan daya tarik yang sama.

3. Tambahkan Tautan ke Konten

Sebelumnya, salah satu cara untuk mendapatkan peringkat mesin pencari lebih tinggi adalah dengan memiliki lebih banyak jumlah backlink ke posting Anda. Konten yang baik cenderung mendapatkan sejumlah besar tautan eksternal dan internal. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas, jangan lupa untuk menambahkan tautan dari konten yang lebih lama ke postingan yang lebih baru. Ini akan membantu mesin pencari dan pengguna untuk menemukan artikel terbaik Anda. Juga, tautan eksternal ke situs web yang memiliki reputasi tinggi meningkatkan kredibilitas situs web Anda sendiri. Semakin baik tautannya, semakin tinggi peringkat halaman Anda pada SERP. Plus, menggunakan sumber yang kredibel dalam konten Anda akan mengembangkan rasa percaya pembaca Anda sambil memperkuat kredibilitas Anda.

4. Pilih Kata Kunci dengan Bijaksana

Mulailah dengan mengidentifikasi kata kunci apa yang relevan dengan topik Anda, lakukan penelitian kata kunci. Anda dapat membuat sendiri, mendapatkan kata kunci dari sebagian besar pencarian Google, atau Anda menggunakan alat perencanaan kata kunci sederhana atau canggih, misalnya SpySERP. Jika anggaran Anda memungkinkan, maka sewalah juga pakar SEO untuk tugas ini. Pastikan untuk memilih kata kunci Anda dengan hati-hati. Alat perencanaan kata kunci memungkinkan Anda menentukan kata kunci mana yang akan memberikan optimalisasi maksimum ke SERP. Saat Anda mulai menulis, gunakan kata kunci dalam judul, deskripsi meta, tag ALT, cuplikan, dan di dalam paragraf utama.

Ringkasan: SEO 2020


SEO bergerak cepat. Pastikan untuk mengikuti tren dan tips SEO 2020 ini untuk optimalisasi maksimum dalam menyalurkan lalu lintas organik dan tinggi ke situs web Anda. Situs web Anda harus memiliki semua fitur yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan mesin pencari. Lihat permintaan dan kebutuhan audiens, yang sangat penting untuk strategi SEO yang lebih baik pada tahun 2020. Berikan audiens Anda konten yang menarik dan berkualitas tinggi yang memenuhi masalah dan jawaban atas pertanyaan mereka. Yang paling penting, pilih kata kunci dengan hati-hati dan sertakan dalam tulisan Anda dengan berlimpah tetapi harus kontekstual

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more