Jadi Blogger itu Harusnya Cerdas

Menunggu waktu sholat magrib saya baca-baca postingan dan komentar tiap member grup blogger Indo (facebook). Saya lakukan sembari mencari referensi blog untuk pos baru, lumayanlah.

Sebenarnya beberapa kenalan sudah pada keluar dari grup, karena isinya cuma saling minta BW, Komen, dan Klik iklan di blognya. Tak jarang jika aksi bully pun terjadi. Memang sebenarnya agak membosankan karena lama-lama tidak ada hal yang menarik untuk dibaca dan diperbincangkan di dalam grup blogger tersebut.

Namun saya tak ingin menjadi kaum yang mudah terombang-ambing, saya harus kuat, saya harus bertahan. Intinya, kalau sudah masuk jangan mudah keluar. Harapan saya semoga ada segelintir member yang mau merevolusi grup-grup blogger Indonesia agar selalu menyenangkan dan menarik untuk dimasuki.

Bicara soal blogger yang harus cerdas. Ya harusnya menjadi blogger dituntut harus cerdas. Ini tak hanya soal nilai baik di sekolah atau kampus, dalam menjalani karir menjadi blogger juga harus cerdas.

Saya tidak akan membahas spesifik blogger now atau blogger old, karena secara pribadi mau now atau old itu perannya sama. Namun di sini saya merasa sedih ketika ternyata sebuah postingan yang dibuat mengandung unsur provokasi dan hoax (penipuan).

Seperti yang terjadi atas kasus beberapa waktu lalu, seorang penyebar berita palsu tertangkap polisi dengan dalih mencari sesuap nasi. Memang tak ada salah niat membuat blog untuk mencari uang, namun tolong harus cerdas.

Postingan yang melanggar hukum jelas dilarang, lalu kenapa tetap saja dilakukan? Ini nggak cerdas! Walau tidak kenal, yang namanya seprofesi tentu akan berdampak negatif juga pada blogger lain. Sedih jelas! Marah juga jelas!

Kembali ke grup blogger Indo. Saya kadang ingin rasanya berkomentar kasar ketika melihat member yang posting untuk open Blogwalking, Komentar, atau Klik iklan. Tapi siapa saya?


Mbok sudah, dihentikan kebiasaan seperti itu. Apalagi spam link. Nanti kalau tiba-tiba ke sleding atau takedown akibat diberi backlink ngawur dan klik sadis AdSense oleh orang jahat yang merasa tidak suka dengan kebiasaan kalian, ya jangan sedih dan kaget. Apalagi tanya ke grup, "ini jingling?" "ini backlink darimana?" "kok AdSense saya kena invalid click, padahal saya nggak pernah klik sendiri?" dan "blog saya kok diban?" dan sebagainya.

Mohon untuk cerdas dan sadar diri! Terserah mau bagaimana cara kalian ngeblog. Mau sambil minum kopi dan merokok, mendengarkan musik, pakai hp, kumpul bareng blogger lain, terserah. Yang pasti jangan gegabah dan tidak cerdas.

Post Terkait:

Open Comments Close Comments

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more