6 Manfaat Blogging untuk Anak yang Perlu Anda Ketahui!

Internet sudah hampir ada dimana-mana dan untuk semua orang, tua maupun muda. Dan ketika internet dikenal oleh anak, ada beberapa cara yang lebih baik dan bermanfaat bagi anak untuk berselancar di internet yaitu melalui blogging.

Jadi, inilah panduan untuk dunia blogging yang indah untuk anak-anak.

APA ITU BLOG?


Pertama, mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Apa sebenarnya blog itu? Apa itu blogging? Siapa orang-orang yang disebut blogger?

Blog (atau 'weblog' untuk memberikan nama lengkapnya) adalah situs web tempat pengguna, atau 'blogger' memposting item secara teratur. Kebanyakan blog fokus pada topik tertentu, hobi atau minat. Banyak blog ditulis seperti buku harian online. Tipikal sebuah blog akan berbasis pada teks, dengan gambar yang ditambahkan, kadang-kadang video ditampilkan dan juga dapat menyertakan tautan ke blog itu sendiri atau situs web lain.

Blog telah berkembang sejak blog pertama kali dibuat pada tahun 1994. Blog pribadi masih populer, tetapi bisnis telah menjamur.

Sekarang ada beberapa aspek baru yang sebelumnya tidak tercakup ke dalam dunia blogging. Iklan salah satunya. Iklan yang disponsori telah merasuki dunia blogging, dan beberapa blogger telah menunjukkan semangat kewirausahaan yang nyata dan menghasilkan banyak uang dari minat blogging.

Ada banyak blog untuk anak juga. Sebuah blog bisa membahas topik apa saja. Sungguh menakjubkan melihat anak-anak kita menjamah dan terjerumus di dunia blogging. Pada suatu waktu, Anda akan menemukan anak-anak yang menulis blog tentang keseharian di sekolah mereka, apa yang mereka lakukan pada hari libur, atau pembahasan hewan peliharaan mereka.

APA SAJA MANFAAT BLOGGING UNTUK ANAK-ANAK?


Seorang anak yang menulis blog dan menghasilkan uang jutaan dengan cepat untuk saat ini kedengarannya sangat tidak mungkin. Namun, alasan anak harus memulai aktivitas blogging saat ini merupakan ide yang sangat bagus dan positif karena berefek jangka panjang.

Berikut adalah manfaat atau keuntungan yang diperoleh anak ketika melakukan aktivitas blogging:

1. Blogging membangun kepercayaan diri


Blogging dapat membantu anak-anak membangun kepercayaan diri dan itu akan membantu mereka meningkatkan kepercayaan diri dalam berekspresi.

2. Blogging meningkatkan keterampilan baca tulis


Tidak diragukan lagi, keterampilan membaca dan menulis anak akan berkembang. Keahlian literasi digital mereka akan meningkat pada saat yang sama.

3. Blogging merangsang kreativitas


Bagi banyak orang, kebiasaan menulis yang sederhana setiap hari dapat sangat membantu pembelajaran mereka, serta merangsang kreativitas mereka. Setiap kali seorang anak ngeblog, mereka sedang belajar keterampilan menulis.

4. Blogging mengembangkan keterampilan yang dapat ditransfer


Sulit untuk memprediksi dengan tepat ke mana semua hal di atas akan menuntun anak di masa depan, tetapi orang tua atau guru mana pun akan setuju bahwa semua keterampilan yang disebutkan di atas adalah keterampilan hidup yang sangat bermanfaat dan dapat ditransfer yang tentunya layak dikembangkan. Dan masih ada lagi. 

5. Blog sebagai sarana anak-anak berani bersuara


Kebebasan dan keberanian bersuara untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan, rasakan, atau bayangkan. Rasa kepuasan dan kebanggaan yang bisa dialami dari menerbitkan karya mereka sendiri adalah hal yang luar biasa dan tidak boleh diremehkan.

6. Belajar berinteraksi dan menuai feedback positif


Selain itu, anak-anak dapat belajar banyak dari interaksi yang mereka lakukan dengan pembaca mereka.

Blogging adalah memberdayakan, mempromosikan kemandirian dan berarti bahwa setiap anak dapat diberi platform untuk mengekspresikan diri pada topik apa pun yang mereka pilih.

Sebuah blog menumbuhkan pemikiran kolaboratif, dapat membantu menjalin tautan multikultural dan membantu anak-anak untuk menghargai bahwa dunia benar-benar sebuah desa global.

Blog memberi anak-anak audiens yang otentik (dan berpotensi global).

Ngeblog juga memberi mereka kesempatan untuk menyoroti keterampilan, pengetahuan, atau pendapat mereka sekaligus menciptakan portofolio digital mereka sendiri.

BAGAIMANA ANAK-ANAK DAPAT MEMULAI AKTIVITAS BLOGGING?


Suatu saat blog akan diperkenalkan kepada anak-anak melalui sekolah. Sebuah blog yang didirikan lewat sekolah merupakan cara yang berguna untuk membangun koneksi anak antara rumah dengan sekolah.

Ada banyak platform, satu contoh adalah penyediaan saluran blog untuk lingkungan pendidikan, seperti Edublog.

Keuntungan dari blogging melalui sekolah adalah bahwa anak-anak akan diperkenalkan banyak wawasan baru bersama teman-teman mereka.

Mereka tetap harus menerima banyak bimbingan dan dukungan, serta platform blog harus aman digunakan anak-anak.

Jika ingin anak-anak Anda menikmati keuntungan dari blogging secara mandiri, jauh dari sekolah, ada banyak pilihan yang tersedia.

Dua platform blogging utama, WordPress dan Blogger, namun mereka menetapkan persyaratan layanan bahwa pengguna harus berusia 13 tahun untuk menggunakan layanan mereka, tetapi hal ini bukan berarti bahwa anak-anak yang di bawah umur tersebut tidak diperbolehkan untuk memiliki blog.


Luangkan waktu untuk membahas keamanan internet dengan anak-anak, serta pastikan mereka tidak mengungkapkan informasi pribadi atau mempublikasikan foto keluarga pribadi saat online. Tentu saja, memberikan keterampilan lain pada saat yang sama akan bermanfaat bagi anak-anak dan akan membantu meningkatkan pengalaman mereka.

Sebagai contoh keterampilan mengetik, seringnya mengetik akan membuat anak-anak lebih mudah untuk menulis blog secara teratur dan konsisten.

Dunia blogging adalah tempat yang brilian untuk dijelajahi anak-anak.

Sarankan dan ajarilah anak Anda untuk ngeblog mulai saat ini juga!

Related Posts →


Open Disqus Close Disqus

This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalise ads and to analyse traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn more